Prasyarat Mendirikan PT 2018 Prasyarat Membikin PT Baru Pembuatan PT Online Tarif Pembuatan PT Di Notaris Biaya Pendirian PT Prosedur Mendirikan PT Prasyarat Pendirian CV Cara Membikin PT Sendiri
Prosedur dan Ketentuan Pendirian PT Terupdate Yang Mesti Anda Ketahui
Semenjak permulaan 2016, Pemerintah terus berusaha menyederhanakan prosedur mengawali bisnis. Kecuali jumlah pengusaha di Indonesia yang masih betul-betul kecil diperbandingkan dengan negara tetangga, membangun bisnis baru dianggap memberikan nilai tambah sebab membuka lebih banyak pekerjaan dan mendukung ekonomi lokal. Salah satu inisiatif dari Pemerintah merupakan untuk memfasilitasi pembentukan Perseroan Terbatas (PT). Di sini kami menjelaskan prosedur dan ketetapan pendirian PT terbaru yang patut Anda kenal bila Anda mau mengawali atau memaksimalkan bisnis.
1. Modal Untuk Mendirikan PT
Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 perihal Perseroan Terbatas (\”UUPT\”), modal dasar PT yakni Rp 50 juta dengan minimum 25% dibayarkan sebagai modal disetor PT. Syarat ini sering menjadi kendala bagi mereka yang mau mendirikan PT tetapi modal awam-lazim saja. Meskipun mereka paham bahwa mendirikan PT yang memiliki badan hukum dapat mengurangi risiko berbisnis di masa depan.
Pemerintah kemudian mengeluarkan undang-undang baru di mana jumlah modal dasar untuk pendirian PT tergantung pada kesepakatan para pendirinya. Hal ini diceritakan dalam Undang-undang Pemerintah No. 29 tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perusahaan Terbatas (\”PP 29/2016\”). Tapi, prasyarat modal ini hanya berlaku untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Untuk mempelajari lebih lanjut perihal modal dan kemudahan persyaratan lain untuk mendirikan PT ini dapat dipelajari di link berikut.
2. Alamat Bisnis di Kantor Virtual
Beberapa pelanggan PT GHABS yang ingin mendirikan PT di wilayah Jakarta terhambat oleh kendala domisili bisnis. Hal ini kurang lebih dipengaruhi oleh Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 tahun 2014 tentang Agenda Mendetail Peraturan Ruang dan Aturan Zonasi. Adanya hukum ini membagi kawasan Jakarta menjadi area-area seperti zona pemukiman, area campuran, dan sebagainya. Tanpa domisili bisnis yang dialokasikan secara ideal, badan usaha tidak akan dapat mendapat Domisili Domisili Perusahaan (SKDP). Sepatutnya SKDP penting untuk menerima dokumen orisinilitas bisnis lainnya seperti Nomor Pokok Tanda Pajak (NPWP) instansi, Berdasarkan Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau izin usaha lainnya, dan Petunjuk Daftar Perusahaan (TDP).
Rata-rata mereka tak mempunyai biaya yang cukup untuk menyewa ruang kantor zonasi yang pantas untuk domisili bisnis. Oleh karena itu, domisili bisnis di Kantor Virtual menjadi alternatif yang lebih hemat tarif bagi bisnis yang berkeinginan tinggal di Jakarta. Memang akan ada syarat tambahan saat Anda mengaplikasikan Virtual Office sebagai alamat bisnis. Salah satunya merupakan perlunya salah satu dewan direksi PT yang didirikan untuk memiliki Kartu Pertanda Penduduk Jakarta (KTP).
Penting bagi Anda untuk mengenal prasyarat alamat di tempat yang akan Anda jadikan sebagai daerah kedudukan bisnis untuk mendirikan PT. Ini karena kerap kali ada perbedaan prasyarat antara satu tempat dengan yang lain. Kecuali, apabila alamat bisnis Anda ada di Bogor dan Tangerang, maka Anda bisa menggunakan rumah itu hingga batas tertentu. Sementara bila di Depok Anda sepatutnya mengaplikasikan bangunan yang sebutan dalam Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yakni sebagai tempat usaha, bukan rumah. Kecuali itu, tidak jarang minta UU Gangguan (UUG atau HO) sebagai syarat tambahan, contohnya di Depok dan Bogor.
3. Berdasarkan Sektor Bisnis Terbaru KBLI Terkini Tahun 2015
Dalam memutuskan bidang usaha, setidaknya nilai-poin berikut patut dilihat:
Anda dapat memilih bidang bisnis apa malah, kecuali ditutup dan dilarang oleh aturan.
Bidang bisnis yang Anda pilih semestinya dimasukkan dan tercantum dalam sertifikat pendirian PT.
Bidang bisnis yang Anda pilih akan mempertimbangkan ragam lisensi bisnis yang perlu Anda miliki.
Bidang bisnis yang Anda pilih harus spesifik dan searah dengan KBLI terbaru. Klasifikasi Anda berharap menjalankan perdagangan umum, Anda perlu menetapkan komoditas apa yang ingin Anda jual, misalnya untuk perdagangan ritel dalam kode 4771.
Anda juga perlu melihat kode KBLI dengan hati-hati karena ini akan terkait erat dengan prosedur perizinan bisnis untuk bisnis Anda.
KBLI (Pertanda Standar Bidang Usaha Indonesia) adalah kategori aktivitas atau kesibukan ekonomi yang menjadi rujukan bagi instansi berhubungan untuk memandang kode bidang usaha yang akan menentukan tipe izin usaha yang cocok. Untuk bisnis perdagangan lazim, kode bidang bisnis ini akan tercantum dalam Berdasarkan Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
Kode bisnis lebih lanjut dari bisnis utama Anda akan tercantum dalam Pertanda Daftar Perusahaan (TDP).
Aturan pada praktik di lapangan, ada 2 (dua) macam KBLI yang masih diaplikasikan ialah KBLI Tahun 2009 dan KBLI Tahun 2015. KBLI 2009 mengacu pada Peraturan Kepala Badan Klasifikasi Statistik Nomor 57 Tahun 2009 tentang Pertanda Standar Bisnis Indonesia, sedangkan KBLI 2015 mengacu pada Peraturan Biro Kelompok Statistik Nomor 95 Tahun 2015 seputar Pertanda Baku Usaha Perusahaan Indonesia. KBLI 2015 yakni pembaruan data lapangan bisnis dari KBLI 2009 dengan memperhatikan pergerakan perubahan pola dan perkembangan ekonomi Indonesia.
Selain analisis PT GHABS, ada perbedaan redaksional dalam deskripsi kode kode bisnis di KBLI 2009 dan KBLI 2015. Dalam KBLI 2009, tiap-tiap kode disebutkan secara khusus dan jumlah kode bidang usaha yang bisa diadopsi ke dalam SIUP kurang . Sementara KBLI 2015 tampaknya mencoba untuk menggeneralisasi bidang bisnis. Selain itu, lebih banyak kode bisnis dalam KBLI 2015 bisa diadopsi menjadi SIUP. Ini untuk mempermudah para pelaku bisnis, lebih-lebih UKM, dalam mempertimbangkan bidang usaha.
Anda tak perlu kebingungan perihal ini. Tempat tiap-tiap Pemerintah Tempat sudah membikin kode KBLI sederhana yang bisa diterapkan sebagai acuan dalam mengelola izin usaha di daerah yang bersangkutan. Selain, di Jakarta, Anda dapat memperhatikan Keputusan Kepala BPTSP DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2016 seandainya bisnis Anda cuma membutuhkan SIUP sebagai izin usaha. Hubungi PT GHABS apabila Anda mengalami kesulitan dalam menentukan bidang bisnis yang Anda inginkan pantas dengan KBLI.
4. Prasyarat BPJS Ketenagakerjaan Untuk Mendirikan PT
Menurut terkesan simpel, syarat BPJS untuk mendirikan PT kerap menjadi kendala. Manajemen online masih memerlukan waktu lebih lama ketimbang penanganan manual. Kecuali pengalaman kami, prosedur manual di mana pemohon datang langsung ke kantor BPJS tidak bisa dipecahkan pada hari yang sama. Bila BPJS Ketenagakerjaan itu penting? Di beberapa tempat, seperti Jakarta, eksistensi akta ketenagakerjaan BPJS menjadi salah satu prasyarat untuk bisa mengurus SKDP. Kelompok Anda memandang skor 2 di atas, tanpa SKDP akan sulit untuk mendapatkan dokumen keaslian bisnis lainnya seperti lembaga NPWP, SIUP atau izin usaha lainnya, dan TDP. Untuk menjaga BPJS Ketenagakerjaan, berikut dokumen-dokumen yang perlu Anda siapkan:
Formulir yang komplit;
Regulasi pendirian PT;
Berdasarkan persetujuan badan tata tertib dari Kementerian Sesudah dan Hak Asasi Manusia (untuk PT); dan
Kartu Identitas (KTP) dan NPWP dari karyawan PT yang teregistrasi.
Maka aplikasi Anda diverifikasi, Anda akan menerima pengaturan surat elektronik jumlah kontribusi pertama. Profesi akan ada formulir online yang perlu diisi ulang sebelum Anda menerima lembar kode iuran. Berbekal kode sumbangan, Anda membuat kontribusi pertama dari BPJS Ketenagakerjaan, dan walhasil Anda dapat mengambil sertifikat Kecuali BPJS atas nama PT Anda di kantor BPJS.
5. Direktur NPWP dan NPWP Perusahaan
Dalam pengelolaan NPWP institusi saat ini untuk PT, Kantor Pajak memberikan aturan baru.
Pertama, NPWP direktur PT yang bersangkutan harus sudah dalam wujud terbaru wujud 2015. Ciri khas dari wujud terbaru ini ialah nomor kartu identitas (NIK) dari ID direktur terkait yang tercantum pada kartu NPWP pribadinya. Selain NIK, alamat yang tercantum pada kartu NPWP pribadi wajib sama dengan alamat yang tercantum dalam ID yang valid.
Kedua, untuk meningkatkan kepatuhan pajak, direktur PT wajib tak mempunyai tunggakan pajak. Klasifikasi ada tunggakan SPT tahunan, maka yang bersangkutan harus terutama dahulu membayar tunggakan pajak bersama dengan sanksi yang terlambat. Denda mulai dari Rp 100 ribu per tahun, tergantung pada seberapa tepat waktu Anda dalam membayar tunggakan beserta dendanya.
6. SIUP dan TDP Online
Bagi Anda yang berharap mendirikan PT yang bergerak di bidang perdagangan awam, karenanya izin usaha yaitu Berdasarkan Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Untungnya bagi Anda yang ingin mendirikan PT di Jakarta, sekarang dapat mengaplikasikan layanan untuk mendapatkan SIUP dan TDP secara online dan simultan. Tapi, layanan ini masih membedakan antara SIUP kecil dengan SIUP sedang dan besar.
Untuk PT dengan SIUP sedang dan besar, berarti modal disetor PT di atas Rp500 juta, bisa mengajukan permohonan SIUP dan TDP secara online dan simultan. Artinya, dengan satu login dan mengisi formulir online, Anda akan mendapatkan SIUP dan TDP sekalian.
Untuk PT dengan SIUP kecil, itu berarti modal disetor PT berkisar antara Rp 50 juta sampai Rp 500 juta, tidak dapat bersamaan. Setidaknya Anda perlu 2 (dua) kali login, pertama dikala mengajukan SIUP secara online. Kedua, saat mengajukan TDP secara online setelah SIUP diterbitkan.
Kecuali pengalaman PT GHABS memakai fitur layanan SIUP dan TDP online, dari waktu ke waktu telah ada peningkatan layanan. Waktu penerbangan akan memberi pengaruh kesuksesan Anda dalam menggunakan fitur ini. Semoga fitur layanan online ini bisa diikuti oleh daerah lain untuk menolong menyederhanakan prosedur pendirian PT.