Syarat Mendirikan PT Secara Lengkap


Prasyarat Mendirikan PT 2018 Prasyarat Membuat PT Baru Pendirian PT Online Biaya Pembuatan PT Di Notaris Tarif Pembuatan PT Prosedur Mendirikan PT Persyaratan Pendirian CV Metode Membuat PT Sendiri

Prosedur dan Ketentuan Pendirian PT Terupdate Yang Patut Anda Kenal
Semenjak awal 2016, Pemerintah terus berusaha menyederhanakan prosedur mengawali bisnis. Kecuali jumlah pengusaha di Indonesia yang masih benar-benar kecil dibandingi dengan negara tetangga, membangun bisnis baru dianggap memberikan skor tambah karena membuka lebih banyak pekerjaan dan mendorong ekonomi lokal. Salah satu inisiatif dari Pemerintah merupakan untuk memfasilitasi pembentukan Perseroan Terbatas (PT). Di sini kami menjelaskan prosedur dan ketetapan pendirian PT terbaru yang patut Anda kenal seandainya Anda mau memulai atau mengembangkan bisnis.

1. Modal Untuk Mendirikan PT
Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 seputar Perseroan Terbatas (\”UUPT\”), modal dasar PT ialah Rp 50 juta dengan minimum 25% dibayarkan sebagai modal disetor PT. Syarat ini sering menjadi kendala bagi mereka yang mau mendirikan PT namun modal awam-biasa saja. Meski mereka mengerti bahwa mendirikan PT yang memiliki badan peraturan bisa mengurangi risiko berbisnis di masa depan.

Pemerintah kemudian mengeluarkan peraturan baru di mana jumlah modal dasar untuk pendirian PT tergantung pada kesepakatan para pendirinya. Hal ini disebutkan dalam Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 2016 seputar Perubahan Modal Dasar Perusahaan Terbatas (\”PP 29/2016\”). Melainkan, persyaratan modal ini cuma berlaku untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Untuk mempelajari lebih lanjut seputar modal dan kemudahan syarat lain untuk mendirikan PT ini dapat dipelajari di link berikut.

2. Domisili Bisnis di Kantor Virtual
Beberapa pelanggan PT GHABS yang berkeinginan mendirikan PT di kawasan Jakarta terhambat oleh kendala domisili bisnis. Hal ini kurang lebih diberi pengaruh oleh Tata Tempat DKI Jakarta No. 1 tahun 2014 tentang Rencana Mendetail Aturan Ruang dan Regulasi Zonasi. Adanya tata tertib ini membagi wilayah Jakarta menjadi area-area seperti area pemukiman, zona campuran, dan sebagainya. Tanpa domisili bisnis yang dialokasikan secara ideal, badan usaha tak akan bisa mendapat Domisili Alamat Perusahaan (SKDP). Seharusnya SKDP penting untuk mendapatkan dokumen legalitas bisnis lainnya seperti Nomor Pokok Petunjuk Pajak (NPWP) instansi, Menurut Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau izin usaha lainnya, dan Petunjuk Daftar Perusahaan (TDP).

Rata-rata mereka tak memiliki tarif yang cukup untuk menyewa ruang kantor zonasi yang cocok untuk alamat bisnis. Oleh sebab itu, domisili bisnis di Kantor Virtual menjadi pilihan yang lebih hemat tarif bagi bisnis yang berharap tinggal di Jakarta. Memang akan ada syarat tambahan ketika Anda menerapkan Virtual Office sebagai alamat bisnis. Salah satunya yakni perlunya salah satu dewan direksi PT yang didirikan untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk Jakarta (KTP).

Penting bagi Anda untuk mengenal syarat domisili di daerah yang akan Anda jadikan sebagai tempat kedudukan bisnis untuk mendirikan PT. Ini karena sering ada perbedaan syarat antara satu tempat dengan yang lain. Selain, kalau alamat bisnis Anda ada di Bogor dan Tangerang, maka Anda bisa memakai rumah itu sampai batas tertentu. Sementara apabila di Depok Anda patut menggunakan bangunan yang sebutan dalam Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yaitu sebagai daerah usaha, bukan rumah. Selain itu, tidak jarang minta UU Gangguan (UUG atau HO) sebagai prasyarat tambahan, umpamanya di Depok dan Bogor.

3. Menurut Sektor Bisnis Terbaru KBLI Terkini Tahun 2015
Dalam menetapkan bidang usaha, setidaknya poin-nilai berikut wajib dipandang:

Anda dapat memilih bidang bisnis apa malah, kecuali ditutup dan dilarang oleh undang-undang.
Bidang bisnis yang Anda pilih wajib dimasukkan dan tercantum dalam sertifikat pendirian PT.
Bidang bisnis yang Anda pilih akan memutuskan jenis lisensi bisnis yang perlu Anda miliki.
Bidang bisnis yang Anda pilih semestinya spesifik dan paralel dengan KBLI terkini. Klasifikasi Anda berharap melakukan perdagangan umum, Anda perlu memastikan komoditas apa yang mau Anda jual, semisal untuk perdagangan ritel dalam kode 4771.

Anda juga perlu mengamati kode KBLI dengan hati-hati karena ini akan terkait erat dengan prosedur perizinan bisnis untuk bisnis Anda.
KBLI (Pertanda Standar Bidang Usaha Indonesia) yakni kategori kegiatan atau aktivitas ekonomi yang menjadi rujukan bagi instansi terkait untuk memperhatikan kode bidang usaha yang akan memutuskan jenis izin usaha yang cocok. Untuk bisnis perdagangan umum, kode bidang bisnis ini akan tercantum dalam Menurut Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Kode bisnis lebih lanjut dari bisnis utama Anda akan tercantum dalam Pedoman Daftar Perusahaan (TDP).
Peraturan pada praktik di lapangan, ada 2 (dua) tipe KBLI yang masih dipakai ialah KBLI Tahun 2009 dan KBLI Tahun 2015. KBLI 2009 merujuk pada Tertib Kepala Badan Kategori Statistik Nomor 57 Tahun 2009 tentang Petunjuk Standar Bisnis Indonesia, sedangkan KBLI 2015 mengacu pada Regulasi Biro Kategori Statistik Nomor 95 Tahun 2015 tentang Pertanda Baku Usaha Perusahaan Indonesia. KBLI 2015 merupakan pembaruan data lapangan bisnis dari KBLI 2009 dengan memperhatikan pergerakan perubahan pola dan perkembangan ekonomi Indonesia.

Kecuali analitik PT GHABS, ada perbedaan redaksional dalam deskripsi kode kode bisnis di KBLI 2009 dan KBLI 2015. Dalam KBLI 2009, setiap kode diceritakan secara khusus dan jumlah kode bidang usaha yang bisa diadopsi ke dalam SIUP kurang . Sementara KBLI 2015 tampaknya mencoba untuk menggeneralisasi bidang bisnis. Selain itu, lebih banyak kode bisnis dalam KBLI 2015 bisa diadopsi menjadi SIUP. Ini untuk memudahkan para pelaku bisnis, secara khusus UKM, dalam menetapkan bidang usaha.

Anda tak perlu linglung perihal ini. Tempat tiap-tiap Pemerintah Tempat sudah membikin kode KBLI simpel yang bisa digunakan sebagai acuan dalam mengelola izin usaha di tempat yang bersangkutan. Kecuali, di Jakarta, Anda dapat mengamati Keputusan Kepala BPTSP DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2016 seandainya bisnis Anda hanya membutuhkan SIUP sebagai izin usaha. Hubungi PT GHABS jika Anda mengalami kesusahan dalam menentukan bidang bisnis yang Anda inginkan cocok dengan KBLI.

4. Prasyarat BPJS Ketenagakerjaan Untuk Mendirikan PT
Menurut terkesan simpel, prasyarat BPJS untuk mendirikan PT tak jarang menjadi kendala. Manajemen online masih memerlukan waktu lebih lama daripada penanganan manual. Kecuali pengalaman kami, prosedur manual di mana pemohon datang lantas ke kantor BPJS tak dapat diselesaikan pada hari yang sama. Bila BPJS Ketenagakerjaan itu penting? Di beberapa daerah, seperti Jakarta, keberadaan akta ketenagakerjaan BPJS menjadi salah satu persyaratan untuk dapat mengurus SKDP. Golongan Anda memandang skor 2 di atas, tanpa SKDP akan susah untuk mendapatkan dokumen orisinilitas bisnis lainnya seperti institusi NPWP, SIUP atau izin usaha lainnya, dan TDP. Untuk menjaga BPJS Ketenagakerjaan, berikut dokumen-dokumen yang perlu Anda siapkan:
Formulir yang lengkap;
Regulasi pendirian PT;

Berdasarkan persetujuan badan aturan dari Kementerian Setelah dan Hak Asasi Manusia (untuk PT); dan
Kartu Identitas (KTP) dan NPWP dari karyawan PT yang terdaftar.
Maka aplikasi Anda diverifikasi, Anda akan mendapatkan pengendalian email jumlah kontribusi pertama. Profesi akan ada formulir online yang perlu diisi ulang sebelum Anda menerima lembar kode iuran. Berbekal kode sumbangan, Anda membuat kontribusi pertama dari BPJS Ketenagakerjaan, dan akibatnya Anda bisa mengambil akta Kecuali BPJS atas nama PT Anda di kantor BPJS.

5. Direktur NPWP dan NPWP Perusahaan
Dalam pengelolaan NPWP lembaga dikala ini untuk PT, Kantor Pajak memberikan undang-undang baru.
Pertama, NPWP direktur PT yang bersangkutan harus sudah dalam wujud terkini wujud 2015. Ciri khas dari bentuk terkini ini adalah nomor kartu identitas (NIK) dari ID direktur terkait yang tercantum pada kartu NPWP pribadinya. Selain NIK, alamat yang tercantum pada kartu NPWP pribadi harus sama dengan domisili yang tercantum dalam ID yang valid.

Kedua, untuk meningkatkan kepatuhan pajak, direktur PT mesti tak mempunyai tunggakan pajak. Kelompok ada tunggakan SPT tahunan, maka yang bersangkutan harus terpenting dahulu membayar tunggakan pajak bersama dengan hukuman yang terlambat. Denda mulai dari Rp 100 ribu per tahun, tergantung pada seberapa ideal waktu Anda dalam membayar tunggakan beserta dendanya.

6. SIUP dan TDP Online
Bagi Anda yang ingin mendirikan PT yang bergerak di bidang perdagangan biasa, karenanya izin usaha yaitu Menurut Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Untungnya bagi Anda yang berkeinginan mendirikan PT di Jakarta, sekarang bisa menerapkan layanan untuk mendapatkan SIUP dan TDP secara online dan simultan. Tetapi, layanan ini masih membedakan antara SIUP kecil dengan SIUP sedang dan besar.
Untuk PT dengan SIUP sedang dan besar, berarti modal disetor PT di atas Rp500 juta, dapat mengajukan permohonan SIUP dan TDP secara online dan simultan. Artinya, dengan satu login dan mengisi formulir online, Anda akan mendapatkan SIUP dan TDP sekaligus.

Untuk PT dengan SIUP kecil, itu berarti modal disetor PT berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, tidak dapat berbarengan. Setidaknya Anda perlu 2 (dua) kali login, pertama dikala mengajukan SIUP secara online. Kedua, saat mengajukan TDP secara online sesudah SIUP diterbitkan.
Selain pengalaman PT GHABS mengaplikasikan fitur layanan SIUP dan TDP online, dari waktu ke waktu sudah ada peningkatan layanan. Waktu penerbangan akan mempengaruhi kesuksesan Anda dalam memakai fitur ini. Semoga fitur layanan online ini bisa ditiru oleh daerah lain untuk menolong menyederhanakan prosedur pendirian PT.

About ikhsan