Syarat Mendirikan PT 2018 Syarat Membuat PT Baru Pembuatan PT Online Tarif Pembuatan PT Di Notaris Tarif Pendirian PT Prosedur Mendirikan PT Prasyarat Pendirian CV Cara Membuat PT Sendiri
Prosedur dan Ketentuan Pendirian PT Terupdate Yang Harus Anda Ketahui
Sejak permulaan 2016, Pemerintah terus berupaya menyederhanakan prosedur memulai bisnis. Kecuali jumlah pengusaha di Indonesia yang masih betul-betul kecil dibandingi dengan negara tetangga, membangun bisnis baru dianggap memberikan skor tambah karena membuka lebih banyak profesi dan menyokong ekonomi lokal. Salah satu inisiatif dari Pemerintah merupakan untuk memfasilitasi pembentukan Perseroan Terbatas (PT). Di sini kami menjelaskan prosedur dan ketentuan pendirian PT terkini yang semestinya Anda ketahui sekiranya Anda berkeinginan memulai atau memaksimalkan bisnis.
1. Modal Untuk Mendirikan PT
Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (\”UUPT\”), modal dasar PT yakni Rp 50 juta dengan minimum 25% dibayarkan sebagai modal disetor PT. Prasyarat ini sering menjadi kendala bagi mereka yang mau mendirikan PT tapi modal umum-lazim saja. Meskipun mereka mengerti bahwa mendirikan PT yang memiliki badan regulasi dapat mengurangi risiko berbisnis di masa depan.
Pemerintah kemudian mengeluarkan aturan baru di mana jumlah modal dasar untuk pendirian PT tergantung pada kesepakatan para pendirinya. Hal ini diceritakan dalam Hukum Pemerintah No. 29 tahun 2016 perihal Perubahan Modal Dasar Perusahaan Terbatas (\”PP 29/2016\”). Tapi, syarat modal ini cuma berlaku untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Untuk mempelajari lebih lanjut seputar modal dan kemudahan persyaratan lain untuk mendirikan PT ini bisa dipelajari di tautan berikut.
2. Domisili Bisnis di Kantor Virtual
Sebagian pelanggan PT GHABS yang berkeinginan mendirikan PT di kawasan Jakarta terhambat oleh kendala alamat bisnis. Hal ini kurang lebih diberi pengaruh oleh Tata Daerah DKI Jakarta No. 1 tahun 2014 seputar Rencana Rinci Aturan Ruang dan Regulasi Zonasi. Adanya hukum ini membagi kawasan Jakarta menjadi zona-zona seperti zona pemukiman, area campuran, dan sebagainya. Tanpa alamat bisnis yang dialokasikan secara ideal, badan usaha tak akan bisa mendapatkan Domisili Alamat Perusahaan (SKDP). Seharusnya SKDP penting untuk menerima dokumen keautentikan bisnis lainnya seperti Nomor Pokok Tanda Pajak (NPWP) instansi, Berdasarkan Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau izin usaha lainnya, dan Pertanda Daftar Perusahaan (TDP).
Rata-rata mereka tak memiliki tarif yang cukup untuk menyewa ruang kantor zonasi yang cocok untuk domisili bisnis. Oleh sebab itu, alamat bisnis di Kantor Virtual menjadi pilihan yang lebih hemat tarif bagi bisnis yang ingin tinggal di Jakarta. Memang akan ada persyaratan tambahan saat Anda menggunakan Virtual Office sebagai domisili bisnis. Salah satunya merupakan perlunya salah satu dewan direksi PT yang didirikan untuk memiliki Kartu Pertanda Penduduk Jakarta (KTP).
Penting bagi Anda untuk mengetahui prasyarat domisili di tempat yang akan Anda jadikan sebagai tempat kedudukan bisnis untuk mendirikan PT. Ini karena kerap ada perbedaan persyaratan antara satu daerah dengan yang lain. Selain, bila domisili bisnis Anda ada di Bogor dan Tangerang, maka Anda dapat mengaplikasikan rumah itu hingga batas tertentu. Sementara jika di Depok Anda mesti menggunakan bangunan yang sebutan dalam Izin Mendirikan Bangunan (IMB) merupakan sebagai daerah usaha, bukan rumah. Kecuali itu, tak jarang minta UU Gangguan (UUG atau HO) sebagai syarat tambahan, seumpama di Depok dan Bogor.
3. Berdasarkan Sektor Bisnis Terbaru KBLI Terbaru Tahun 2015
Dalam menentukan bidang usaha, setidaknya poin-poin berikut wajib dipandang:
Anda dapat memilih bidang bisnis apa malah, selain ditutup dan dilarang oleh hukum.
Bidang bisnis yang Anda pilih seharusnya dimasukkan dan tercantum dalam akta pendirian PT.
Bidang bisnis yang Anda pilih akan memastikan variasi lisensi bisnis yang perlu Anda miliki.
Bidang bisnis yang Anda pilih wajib spesifik dan searah dengan KBLI terbaru. Klasifikasi Anda berkeinginan melaksanakan perdagangan lazim, Anda perlu mempertimbangkan komoditi apa yang berharap Anda jual, umpamanya untuk perdagangan ritel dalam kode 4771.
Anda juga perlu memperhatikan kode KBLI dengan hati-hati karena ini akan terkait erat dengan prosedur perizinan bisnis untuk bisnis Anda.
KBLI (Tanda Standar Bidang Usaha Indonesia) yakni kelompok kegiatan atau kegiatan ekonomi yang menjadi acuan bagi instansi berkaitan untuk memandang kode bidang usaha yang akan mempertimbangkan jenis izin usaha yang layak. Untuk bisnis perdagangan lazim, kode bidang bisnis ini akan tercantum dalam Berdasarkan Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
Kode bisnis lebih lanjut dari bisnis utama Anda akan tercantum dalam Petunjuk Daftar Perusahaan (TDP).
Tata pada praktik di lapangan, ada 2 (dua) ragam KBLI yang masih diaplikasikan yaitu KBLI Tahun 2009 dan KBLI Tahun 2015. KBLI 2009 mengacu pada Aturan Kepala Badan Kelompok Statistik Nomor 57 Tahun 2009 perihal Petunjuk Standar Bisnis Indonesia, meskipun KBLI 2015 merujuk pada Tata Biro Golongan Statistik Nomor 95 Tahun 2015 seputar Pertanda Baku Usaha Perusahaan Indonesia. KBLI 2015 ialah pembaruan data lapangan bisnis dari KBLI 2009 dengan memandang pergerakan perubahan pola dan perkembangan ekonomi Indonesia.
Kecuali analitik PT GHABS, ada perbedaan redaksional dalam deskripsi kode kode bisnis di KBLI 2009 dan KBLI 2015. Dalam KBLI 2009, tiap kode disebutkan secara khusus dan jumlah kode bidang usaha yang dapat diadopsi ke dalam SIUP kurang . Sementara KBLI 2015 tampaknya mencoba untuk menggeneralisasi bidang bisnis. Kecuali itu, lebih banyak kode bisnis dalam KBLI 2015 bisa diadopsi menjadi SIUP. Ini untuk memudahkan para pelaku bisnis, terutama UKM, dalam menentukan bidang usaha.
Anda tidak perlu bingung perihal ini. Tempat tiap-tiap Pemerintah Tempat telah membikin kode KBLI sederhana yang bisa dipakai sebagai acuan dalam mengelola izin usaha di daerah yang bersangkutan. Selain, di Jakarta, Anda bisa melihat Keputusan Kepala BPTSP DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2016 bila bisnis Anda cuma membutuhkan SIUP sebagai izin usaha. Hubungi PT GHABS jika Anda mengalami kesusahan dalam memutuskan bidang bisnis yang Anda inginkan pantas dengan KBLI.
4. Prasyarat BPJS Ketenagakerjaan Untuk Mendirikan PT
Menurut terkesan simpel, persyaratan BPJS untuk mendirikan PT acap kali menjadi kendala. Manajemen online masih membutuhkan waktu lebih lama daripada penanganan manual. Kecuali pengalaman kami, prosedur manual di mana pemohon datang lantas ke kantor BPJS tak dapat dituntaskan pada hari yang sama. Seandainya BPJS Ketenagakerjaan itu penting? Di sebagian daerah, seperti Jakarta, keberadaan akta ketenagakerjaan BPJS menjadi salah satu syarat untuk dapat mengurus SKDP. Kelompok Anda mengamati poin 2 di atas, tanpa SKDP akan sulit untuk menerima dokumen keabsahan bisnis lainnya seperti lembaga NPWP, SIUP atau izin usaha lainnya, dan TDP. Untuk menjaga BPJS Ketenagakerjaan, berikut dokumen-dokumen yang perlu Anda siapkan:
Formulir yang lengkap;
Undang-undang pendirian PT;
Menurut persetujuan badan tata tertib dari Kementerian Sesudah dan Hak Asasi Manusia (untuk PT); dan
Kartu Identitas (KTP) dan NPWP dari karyawan PT yang teregistrasi.
Karenanya aplikasi Anda diverifikasi, Anda akan menerima pengontrolan surat elektronik jumlah kontribusi pertama. Pekerjaan akan ada formulir online yang perlu diisi ulang sebelum Anda mendapatkan lembar kode iuran. Berbekal kode sumbangan, Anda membikin kontribusi pertama dari BPJS Ketenagakerjaan, dan akhirnya Anda bisa mengambil akta Selain BPJS atas nama PT Anda di kantor BPJS.
5. Direktur NPWP dan NPWP Perusahaan
Dalam pengelolaan NPWP institusi dikala ini untuk PT, Kantor Pajak memberikan undang-undang baru.
Pertama, NPWP direktur PT yang bersangkutan seharusnya sudah dalam format terkini wujud 2015. Ciri khas dari bentuk terkini ini yakni nomor kartu identitas (NIK) dari ID direktur berkaitan yang tercantum pada kartu NPWP pribadinya. Kecuali NIK, alamat yang tercantum pada kartu NPWP pribadi mesti sama dengan domisili yang tercantum dalam ID yang valid.
Kedua, untuk meningkatkan kepatuhan pajak, direktur PT sepatutnya tidak mempunyai tunggakan pajak. Kelompok ada tunggakan SPT tahunan, karenanya yang bersangkutan seharusnya terlebih dulu membayar tunggakan pajak bersama dengan sanksi yang telat. Denda mulai dari Rp 100 ribu per tahun, tergantung pada seberapa pas waktu Anda dalam membayar tunggakan beserta dendanya.
6. SIUP dan TDP Online
Bagi Anda yang berharap mendirikan PT yang bergerak di bidang perdagangan umum, karenanya izin usaha merupakan Menurut Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Untungnya bagi Anda yang berkeinginan mendirikan PT di Jakarta, kini bisa menggunakan layanan untuk menerima SIUP dan TDP secara online dan simultan. Tetapi, layanan ini masih membedakan antara SIUP kecil dengan SIUP sedang dan besar.
Untuk PT dengan SIUP sedang dan besar, berarti modal disetor PT di atas Rp500 juta, dapat mengajukan permohonan SIUP dan TDP secara online dan simultan. Artinya, dengan satu login dan mengisi formulir online, Anda akan mendapatkan SIUP dan TDP sekaligus.
Untuk PT dengan SIUP kecil, itu berarti modal disetor PT berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, tak bisa bersamaan. Setidaknya Anda perlu 2 (dua) kali login, pertama ketika mengajukan SIUP secara online. Kedua, saat mengajukan TDP secara online setelah SIUP diterbitkan.
Kecuali pengalaman PT GHABS memakai fitur layanan SIUP dan TDP online, dari waktu ke waktu sudah ada peningkatan layanan. Waktu penerbangan akan memberi pengaruh kesuksesan Anda dalam menggunakan fitur ini. Semoga fitur layanan online ini bisa dicontoh oleh daerah lain untuk menolong menyederhanakan prosedur pendirian PT.