Persyaratan Mendirikan PT 2018 Syarat Membikin PT Baru Pendirian PT Online Biaya Pembuatan PT Di Notaris Biaya Pembuatan PT Prosedur Mendirikan PT Prasyarat Pendirian CV Metode Membikin PT Sendiri
Prosedur dan Ketentuan Pendirian PT Terupdate Yang Wajib Anda Kenal
Semenjak awal 2016, Pemerintah terus berusaha menyederhanakan prosedur memulai bisnis. Kecuali jumlah pengusaha di Indonesia yang masih benar-benar kecil dibandingkan dengan negara tetangga, membangun bisnis baru dianggap memberikan skor tambah sebab membuka lebih banyak profesi dan mendorong ekonomi lokal. Salah satu inisiatif dari Pemerintah yaitu untuk memfasilitasi penyusunan Perseroan Terbatas (PT). Di sini kami menerangkan prosedur dan ketentuan pendirian PT terupdate yang harus Anda ketahui apabila Anda berkeinginan mengawali atau mengoptimalkan bisnis.
1. Modal Untuk Mendirikan PT
Dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 perihal Perseroan Terbatas (\”UUPT\”), modal dasar PT ialah Rp 50 juta dengan minimum 25% dibayarkan sebagai modal disetor PT. Syarat ini acap kali menjadi kendala bagi mereka yang ingin mendirikan PT tetapi modal umum-lazim saja. Walaupun mereka paham bahwa mendirikan PT yang memiliki badan aturan dapat mengurangi risiko berbisnis di masa depan.
Pemerintah kemudian mengeluarkan peraturan baru di mana jumlah modal dasar untuk pendirian PT tergantung pada kesepakatan para pendirinya. Hal ini diceritakan dalam Tata Pemerintah No. 29 tahun 2016 tentang Perubahan Modal Dasar Perusahaan Terbatas (\”PP 29/2016\”). Tapi, prasyarat modal ini hanya berlaku untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah). Untuk mempelajari lebih lanjut seputar modal dan kemudahan syarat lain untuk mendirikan PT ini bisa dipelajari di link berikut.
2. Alamat Bisnis di Kantor Virtual
Sebagian pelanggan PT GHABS yang berkeinginan mendirikan PT di kawasan Jakarta terhambat oleh kendala alamat bisnis. Hal ini kurang lebih dipengaruhi oleh Peraturan Tempat DKI Jakarta No. 1 tahun 2014 seputar Agenda Mendetail Tertib Ruang dan Tertib Zonasi. Adanya peraturan ini membagi kawasan Jakarta menjadi zona-zona seperti zona pemukiman, area campuran, dan sebagainya. Tanpa alamat bisnis yang dialokasikan secara pas, badan usaha tak akan dapat mendapatkan Domisili Domisili Perusahaan (SKDP). Patut SKDP penting untuk mendapatkan dokumen kesahihan bisnis lainnya seperti Nomor Pokok Petunjuk Pajak (NPWP) instansi, Berdasarkan Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau izin usaha lainnya, dan Pertanda Daftar Perusahaan (TDP).
Rata-rata mereka tak memiliki tarif yang cukup untuk menyewa ruang kantor zonasi yang sesuai untuk domisili bisnis. Oleh karena itu, alamat bisnis di Kantor Virtual menjadi pilihan yang lebih hemat tarif bagi bisnis yang ingin tinggal di Jakarta. Memang akan ada prasyarat tambahan ketika Anda memakai Virtual Office sebagai domisili bisnis. Salah satunya yakni perlunya salah satu dewan direksi PT yang didirikan untuk memiliki Kartu Pedoman Penduduk Jakarta (KTP).
Penting bagi Anda untuk mengetahui syarat domisili di daerah yang akan Anda jadikan sebagai daerah kedudukan bisnis untuk mendirikan PT. Ini karena kerap kali ada perbedaan persyaratan antara satu tempat dengan yang lain. Kecuali, sekiranya domisili bisnis Anda ada di Bogor dan Tangerang, maka Anda bisa menggunakan rumah itu sampai batas tertentu. Sementara sekiranya di Depok Anda mesti menggunakan bangunan yang sebutan dalam Izin Mendirikan Bangunan (IMB) adalah sebagai daerah usaha, bukan rumah. Selain itu, tak jarang minta UU Gangguan (UUG atau HO) sebagai syarat tambahan, semisal di Depok dan Bogor.
3. Menurut Sektor Bisnis Terbaru KBLI Terkini Tahun 2015
Dalam menentukan bidang usaha, setidaknya nilai-poin berikut mesti dipandang:
Anda dapat memilih bidang bisnis apa malahan, selain ditutup dan dilarang oleh peraturan.
Bidang bisnis yang Anda pilih sepatutnya dimasukkan dan tercantum dalam sertifikat pendirian PT.
Bidang bisnis yang Anda pilih akan menentukan variasi lisensi bisnis yang perlu Anda miliki.
Bidang bisnis yang Anda pilih wajib spesifik dan sejalan dengan KBLI terkini. Klasifikasi Anda mau menjalankan perdagangan awam, Anda perlu memastikan komoditi apa yang mau Anda jual, misalnya untuk perdagangan ritel dalam kode 4771.
Anda juga perlu mengamati kode KBLI dengan hati-hati karena ini akan berhubungan erat dengan prosedur perizinan bisnis untuk bisnis Anda.
KBLI (Tanda Standar Bidang Usaha Indonesia) yaitu golongan aktivitas atau kesibukan ekonomi yang menjadi referensi bagi instansi berkaitan untuk memandang kode bidang usaha yang akan memutuskan variasi izin usaha yang cocok. Untuk bisnis perdagangan lazim, kode bidang bisnis ini akan tercantum dalam Berdasarkan Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
Kode bisnis lebih lanjut dari bisnis utama Anda akan tercantum dalam Petunjuk Daftar Perusahaan (TDP).
Aturan pada praktik di lapangan, ada 2 (dua) jenis KBLI yang masih diaplikasikan ialah KBLI Tahun 2009 dan KBLI Tahun 2015. KBLI 2009 merujuk pada Undang-undang Kepala Badan Kelompok Statistik Nomor 57 Tahun 2009 tentang Petunjuk Standar Bisnis Indonesia, walaupun KBLI 2015 mengacu pada Tata Biro Golongan Statistik Nomor 95 Tahun 2015 tentang Tanda Baku Usaha Perusahaan Indonesia. KBLI 2015 yakni pembaruan data lapangan bisnis dari KBLI 2009 dengan mengamati pergerakan perubahan pola dan perkembangan ekonomi Indonesia.
Kecuali analisa PT GHABS, ada perbedaan redaksional dalam deskripsi kode kode bisnis di KBLI 2009 dan KBLI 2015. Dalam KBLI 2009, setiap kode diceritakan secara khusus dan jumlah kode bidang usaha yang bisa diadopsi ke dalam SIUP kurang . Sementara KBLI 2015 tampaknya mencoba untuk menggeneralisasi bidang bisnis. Selain itu, lebih banyak kode bisnis dalam KBLI 2015 dapat diadopsi menjadi SIUP. Ini untuk mempermudah para pelaku bisnis, khususnya UKM, dalam memastikan bidang usaha.
Anda tak perlu keder perihal ini. Tempat tiap-tiap Pemerintah Tempat sudah membikin kode KBLI simpel yang bisa dipakai sebagai acuan dalam mengelola izin usaha di daerah yang bersangkutan. Selain, di Jakarta, Anda bisa mengamati Keputusan Kepala BPTSP DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2016 seandainya bisnis Anda cuma membutuhkan SIUP sebagai izin usaha. Hubungi PT GHABS jikalau Anda mengalami kesusahan dalam menetapkan bidang bisnis yang Anda inginkan layak dengan KBLI.
4. Prasyarat BPJS Ketenagakerjaan Untuk Mendirikan PT
Berdasarkan terkesan simpel, persyaratan BPJS untuk mendirikan PT tak jarang menjadi kendala. Manajemen online masih memerlukan waktu lebih lama ketimbang penanganan manual. Kecuali pengalaman kami, prosedur manual di mana pemohon datang seketika ke kantor BPJS tidak bisa dituntaskan pada hari yang sama. Seandainya BPJS Ketenagakerjaan itu penting? Di sebagian tempat, seperti Jakarta, keberadaan akta ketenagakerjaan BPJS menjadi salah satu prasyarat untuk dapat mengurus SKDP. Klasifikasi Anda mengamati skor 2 di atas, tanpa SKDP akan sulit untuk mendapatkan dokumen legalitas bisnis lainnya seperti lembaga NPWP, SIUP atau izin usaha lainnya, dan TDP. Untuk menjaga BPJS Ketenagakerjaan, berikut dokumen-dokumen yang perlu Anda siapkan:
Formulir yang komplit;
Regulasi pendirian PT;
Berdasarkan persetujuan badan aturan dari Kementerian Setelah dan Hak Asasi Manusia (untuk PT); dan
Kartu Identitas (KTP) dan NPWP dari karyawan PT yang terdaftar.
Maka aplikasi Anda diverifikasi, Anda akan mendapatkan pembatasan email jumlah kontribusi pertama. Pekerjaan akan ada formulir online yang perlu diisi ulang sebelum Anda menerima lembar kode iuran. Berbekal kode sumbangan, Anda membikin kontribusi pertama dari BPJS Ketenagakerjaan, dan akhirnya Anda dapat mengambil akta Kecuali BPJS atas nama PT Anda di kantor BPJS.
5. Direktur NPWP dan NPWP Perusahaan
Dalam pengelolaan NPWP lembaga dikala ini untuk PT, Kantor Pajak memberikan aturan baru.
Pertama, NPWP direktur PT yang bersangkutan seharusnya telah dalam format terkini bentuk 2015. Ciri khas dari wujud terkini ini yaitu nomor kartu identitas (NIK) dari ID direktur terkait yang tercantum pada kartu NPWP pribadinya. Selain NIK, domisili yang tercantum pada kartu NPWP pribadi harus sama dengan domisili yang tercantum dalam ID yang valid.
Kedua, untuk meningkatkan kepatuhan pajak, direktur PT semestinya tidak mempunyai tunggakan pajak. Kategori ada tunggakan SPT tahunan, maka yang bersangkutan mesti terlebih dahulu membayar tunggakan pajak bersama dengan hukuman yang terlambat. Denda mulai dari Rp 100 ribu per tahun, tergantung pada seberapa tepat waktu Anda dalam membayar tunggakan beserta dendanya.
6. SIUP dan TDP Online
Bagi Anda yang mau mendirikan PT yang bergerak di bidang perdagangan lazim, karenanya izin usaha yakni Berdasarkan Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Untungnya bagi Anda yang berharap mendirikan PT di Jakarta, sekarang dapat menggunakan layanan untuk mendapatkan SIUP dan TDP secara online dan simultan. Melainkan, layanan ini masih membedakan antara SIUP kecil dengan SIUP sedang dan besar.
Untuk PT dengan SIUP sedang dan besar, berarti modal disetor PT di atas Rp500 juta, dapat mengajukan permohonan SIUP dan TDP secara online dan simultan. Artinya, dengan satu login dan mengisi formulir online, Anda akan mendapatkan SIUP dan TDP sekalian.
Untuk PT dengan SIUP kecil, itu berarti modal disetor PT berkisar antara Rp 50 juta sampai Rp 500 juta, tak dapat beriringan. Setidaknya Anda perlu 2 (dua) kali login, pertama dikala mengajukan SIUP secara online. Kedua, saat mengajukan TDP secara online sesudah SIUP diterbitkan.
Selain pengalaman PT GHABS mengaplikasikan fitur layanan SIUP dan TDP online, dari waktu ke waktu sudah ada peningkatan layanan. Waktu penerbangan akan mempengaruhi kesuksesan Anda dalam menggunakan fitur ini. Semoga fitur layanan online ini bisa ditiru oleh daerah lain untuk menolong menyederhanakan prosedur pendirian PT.