Syarat Untuk Mendirikan Perusahaan Berbadan Hukum CV Tangerang

Syarat Untuk Mendirikan Perusahaan Berbadan Hukum CV Tangerang

Perusahaan berbadan hukum CV atau Commanditaire Vennootschap adalah bentuk usaha yang cukup populer di Indonesia, termasuk di Tangerang. CV merupakan bentuk usaha dengan dua jenis anggota, yaitu sekutu pasif dan sekutu aktif. Berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan perusahaan berbadan hukum CV di Tangerang:

1. Memiliki minimal 2 orang pendiri

Persyaratan pertama untuk mendirikan perusahaan berbadan hukum CV adalah minimal terdapat 2 orang pendiri. Pendiri ini bisa berupa individu atau perusahaan. Kedua pendiri tersebut harus menyetorkan modal sebagai persyaratan mendirikan perusahaan. Modal ini dapat berupa uang, barang atau hak lainnya yang dapat dinilai dengan uang.

2. Menyiapkan akta pendirian

Setelah memiliki minimal 2 orang pendiri, maka harus disiapkan akta pendirian perusahaan berbadan hukum CV. Akta pendirian ini harus dibuat secara akta notaris dan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Akta pendirian ini akan menjadi bukti sah bahwa perusahaan tersebut telah didirikan dan memenuhi syarat hukum yang berlaku.

3. Mendaftarkan perusahaan ke Kementerian Hukum dan HAM

Setelah memiliki akta pendirian, maka perusahaan berbadan hukum CV harus didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran ini bertujuan untuk mendapatkan persetujuan dan pengesahan dari pihak berwenang. Selain itu, perusahaan tersebut juga akan diberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai identitas resmi perusahaan.

  Akta Pendirian Cabang - Panduan Lengkap

4. Mendaftarkan perusahaan ke Dinas Koperasi dan UKM

Perusahaan berbadan hukum CV juga harus didaftarkan ke Dinas Koperasi dan UKM. Pendaftaran ini bertujuan untuk memperoleh izin usaha dari pemerintah setempat. Izin usaha ini wajib dimiliki oleh setiap perusahaan yang ingin beroperasi di Indonesia. Selain itu, dengan memiliki izin usaha, perusahaan tersebut juga akan dianggap sah secara hukum.

5. Mendaftarkan perusahaan ke Badan Pelayanan Perizinan Terpadu

Terakhir, perusahaan berbadan hukum CV harus didaftarkan ke Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. Pendaftaran ini bertujuan untuk memperoleh izin operasional dari pemerintah setempat. Izin operasional ini diperlukan agar perusahaan tersebut dapat beroperasi secara sah di Tangerang. Selain itu, dengan memiliki izin operasional, perusahaan tersebut juga akan dianggap memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.

Demikianlah syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendirikan perusahaan berbadan hukum CV di Tangerang. Dengan memenuhi persyaratan tersebut, maka perusahaan tersebut akan memiliki legalitas dan dapat beroperasi secara sah di Tangerang. Jangan lewatkan peluang bisnis yang ada di Tangerang dan mulailah mendirikan perusahaan berbadan hukum CV sekarang juga!

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.