Syarat Syarat Mendirikan PT Beserta Contohnya

Syarat Syarat Mendirikan PT Beserta Contohnya

Pendahuluan

PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk usaha yang banyak dipilih di Indonesia karena memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri. Pendirian PT membutuhkan persyaratan dan proses tertentu sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. Artikel ini akan membahas tentang syarat-syarat mendirikan PT beserta contohnya di Indonesia.

Persyaratan Mendirikan PT

Syarat pertama yang diperlukan untuk mendirikan PT adalah adanya minimal dua orang pendiri yang memiliki keinginan yang sama untuk menjalankan usaha bersama. Kemudian, pendiri harus membuat akta pendirian PT yang sudah disahkan oleh notaris. Dalam akta pendirian, harus terdapat informasi mengenai nama PT, tujuan pendirian, modal dasar, jumlah saham yang dikeluarkan, susunan pengurus, dan lain-lain.

Selanjutnya, pendiri harus membuka rekening bank atas nama PT dan menyetor modal sesuai dengan yang tercantum dalam akta pendirian. Modal minimal yang dibutuhkan untuk mendirikan PT adalah sebesar Rp 50 juta. Namun, modal tersebut bisa lebih besar tergantung dengan jenis usaha yang akan dijalankan.

Setelah itu, pendiri harus mendaftarkan PT ke Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dan Hak Asasi Manusia. Proses ini bertujuan agar PT yang didirikan sudah memiliki badan hukum yang sah di Indonesia.

Contoh Pendirian PT di Indonesia

Misalnya, ada dua orang yang ingin mendirikan PT yang bergerak di bidang jasa konsultan. Keduanya sudah menyiapkan akta pendirian PT yang berisi informasi tentang nama PT, tujuan pendirian, modal dasar sebesar Rp 100 juta, jumlah saham yang dikeluarkan sebanyak 100 lembar, dan susunan pengurus.

  Izin Pendirian PT Depok

Kemudian, keduanya membuka rekening bank atas nama PT dan menyetor modal sebesar Rp 100 juta. Setelah itu, mereka mendaftarkan PT ke Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum dan Hak Asasi Manusia. Setelah proses selesai, PT mereka sudah memiliki badan hukum yang sah di Indonesia.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.