Syarat Perubahan Akta Yayasan Bekasi

Pengertian Yayasan

Yayasan adalah badan hukum yang dibentuk oleh sekelompok orang dengan tujuan melakukan kegiatan sosial, agama, kemanusiaan, dan pendidikan tanpa mengambil keuntungan. Yayasan ini berada di bawah pengawasan Kementerian Hukum dan HAM.

Perubahan Akta Yayasan

Perubahan akta yayasan dilakukan ketika yayasan mengalami perubahan dalam susunan pengurus atau perubahan dalam kegiatan yayasan. Perubahan akta yayasan ini juga dilakukan ketika yayasan ingin mengubah maksud dan tujuan yayasan.

Syarat Perubahan Akta Yayasan

Untuk melakukan perubahan akta yayasan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu:

1. Mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti akta pendirian yayasan, susunan pengurus, dan keputusan rapat pengurus.

2. Memiliki minimal tiga orang yang bertindak sebagai pengurus yayasan. Pengurus yayasan harus memiliki KTP dan NPWP yang masih berlaku.

3. Membuat keputusan dalam rapat pengurus tentang perubahan yayasan.

4. Membuat surat permohonan perubahan akta yayasan

5. Membuat akta perubahan yayasan yang telah ditandatangani oleh notaris.

6. Mendaftarkan akta perubahan yayasan ke Kementerian Hukum dan HAM.

Prosedur Perubahan Akta Yayasan

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, berikut adalah prosedur perubahan akta yayasan:

1. Persiapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti akta pendirian yayasan, susunan pengurus, dan keputusan rapat pengurus.

2. Buat surat permohonan perubahan akta yayasan yang berisi alasan perubahan yayasan.

3. Buat akta perubahan yayasan yang telah ditandatangani oleh notaris.

  Contoh Akta Perubahan Pengurus CV Depok

4. Setelah akta perubahan yayasan selesai dibuat, maka yayasan harus mendaftarkan akta perubahan tersebut ke Kementerian Hukum dan HAM.

5. Setelah akta perubahan yayasan disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM, maka yayasan harus membawa akta perubahan tersebut ke Kantor Notaris untuk dicatatkan.

Kesimpulan

Perubahan akta yayasan sangat penting dilakukan ketika ada perubahan dalam susunan pengurus atau perubahan dalam kegiatan yayasan. Untuk melakukan perubahan akta yayasan, yayasan harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu para pembaca dalam memahami tentang perubahan akta yayasan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.