Syarat Pendirian PT Menurut Uu Tangerang

Pendahuluan

Pendirian PT atau Perseroan Terbatas adalah salah satu bentuk badan usaha yang banyak dipilih oleh para pelaku bisnis sebagai wadah untuk mengembangkan usahanya. PT memiliki struktur yang cukup kompleks dibandingkan dengan bentuk badan usaha lainnya, sehingga memerlukan persyaratan yang cukup banyak untuk didirikan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai syarat pendirian PT menurut UU Tangerang.

Persyaratan Pendirian PT Menurut UU Tangerang

Menurut UU Tangerang, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam pendirian PT. Pertama, calon pendiri PT harus memiliki KTP atau identitas lain yang sah. Selain itu, calon pendiri juga harus memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak yang aktif dan terdaftar.Kedua, calon pendiri PT harus memiliki modal yang cukup untuk didirikan. Jumlah modal minimal yang harus dimiliki untuk mendirikan PT adalah sebesar 50 juta rupiah. Modal ini harus dibuktikan dengan surat keterangan dari bank yang menyatakan bahwa modal sudah disetor ke rekening PT.Ketiga, calon pendiri PT juga harus menyiapkan akta pendirian PT yang disahkan oleh notaris. Akta pendirian ini berisi mengenai pernyataan pendirian PT, identitas para pendiri, jumlah modal yang disetor, dan struktur pengurus PT.Keempat, calon pendiri PT juga harus melakukan pengumuman pendirian PT ke publik melalui media massa selama minimal 3 kali. Pengumuman ini harus berisi mengenai nama PT, alamat, dan tujuan pendirian.

  Berikut Ini Merupakan Salah Satu Syarat Mendirikan PT Yaitu 2023

Proses Pendirian PT Menurut UU Tangerang

Setelah semua persyaratan terpenuhi, calon pendiri PT harus mengajukan permohonan pendirian PT ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melalui Sistem Administrasi Badan Hukum Online (SABH Online). Permohonan ini akan diproses oleh Kemenkumham dalam waktu maksimal 3 hari kerja.Setelah mendapatkan persetujuan dari Kemenkumham, calon pendiri PT harus melakukan pendaftaran ke Badan Pusat Statistik (BPS), Kantor Pajak, dan Dinas Koperasi dan UKM setempat. Setelah proses pendaftaran selesai, PT sudah resmi didirikan dan mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Kesimpulan

Itulah beberapa syarat pendirian PT menurut UU Tangerang yang harus dipenuhi oleh calon pendiri PT. Proses pendirian PT memang cukup rumit dan memerlukan waktu yang cukup lama, namun hasilnya akan memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis. Dengan memiliki PT, para pelaku bisnis dapat memperbesar pasar dan memperluas jaringan kerja.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.