Syarat Pendirian PT Menurut Uu 2023

Syarat Pendirian PT Menurut Uu 2023

Pendirian PT atau perseroan terbatas merupakan salah satu bentuk badan usaha yang banyak dipilih oleh pelaku bisnis di Indonesia. PT memiliki kelebihan dalam hal pembagian modal, pengelolaan perusahaan, dan perlindungan hukum bagi pemiliknya. Namun, sebelum mendirikan PT, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2023 tentang Perseroan Terbatas. Berikut adalah syarat-syarat pendirian PT menurut UU 2023:

1. Minimal 2 Pendiri

Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah PT harus didirikan oleh minimal 2 pendiri. Pendiri bisa berupa individu atau badan hukum. Dalam hal pendiri berupa badan hukum, harus disertakan dokumen pendirian badan hukum tersebut. Selain itu, pendiri juga harus memiliki identitas yang sah dan tidak sedang terlibat dalam kasus pidana.

2. Akta Pendirian

Setelah memiliki minimal 2 pendiri, langkah selanjutnya adalah membuat akta pendirian. Akta pendirian ini dibuat dengan notaris dan harus memuat beberapa hal, seperti:

– Nama PT

– Tujuan dan maksud PT

– Alamat PT

– Nama dan identitas pendiri

– Jumlah saham dan nilai nominalnya

– Struktur manajemen PT

Setelah akta pendirian dibuat, notaris akan menerbitkan surat keterangan terdaftar (SKT) yang menjadi dasar pengajuan pengesahan PT ke Kementerian Hukum dan HAM.

  Syarat Dan Ketentuan Mendirikan PT

3. Pengesahan PT

Setelah memiliki SKT dari notaris, langkah selanjutnya adalah mengajukan pengesahan PT ke Kementerian Hukum dan HAM. Dalam pengajuan ini, harus dilampirkan beberapa dokumen, seperti:

– Akta pendirian

– Surat keterangan domisili PT

– Fotokopi KTP pendiri

– Surat pernyataan tidak terlibat kasus pidana

Setelah pengajuan diajukan, proses pengesahan PT akan dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Jika semua persyaratan terpenuhi, maka akan diterbitkan surat keputusan pengesahan PT.

4. Membayar Modal Dasar

Setelah memiliki surat keputusan pengesahan PT, langkah selanjutnya adalah membayar modal dasar sebesar minimal 25% dari jumlah modal dasar yang ditetapkan dalam akta pendirian. Modal dasar ini akan digunakan sebagai modal awal dalam menjalankan bisnis PT.

5. Mengurus Perizinan Lain

Setelah memiliki surat keputusan pengesahan dan memiliki modal dasar, PT juga harus mengurus perizinan lain yang dibutuhkan sesuai dengan jenis usaha yang akan dijalankan. Beberapa contoh perizinan yang harus diurus, antara lain:

– NPWP

– SIUP

– TDP

– Sertifikat Halal (jika bergerak di bidang makanan atau minuman)

Demikianlah beberapa syarat pendirian PT menurut UU 2023. Pastikan semua persyaratan terpenuhi sebelum mengajukan pengesahan PT ke Kementerian Hukum dan HAM. Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, diharapkan PT yang didirikan dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh perlindungan hukum yang cukup.

  Syarat Pendirian PT Dan CV Depok

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.