Syarat Pendirian PT Menurut Hukumonline

Pendahuluan

Pendirian PT atau Perseroan Terbatas merupakan salah satu bentuk badan usaha yang sering dipilih oleh para pengusaha di Indonesia. PT adalah badan usaha yang memiliki kelebihan dalam hal kepemilikan modal dan perlindungan hukum. Namun, sebelum mendirikan PT, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Artikel ini akan membahas syarat pendirian PT menurut Hukumonline.

Persyaratan Umum

Pertama-tama, ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi dalam pendirian PT. Persyaratan tersebut meliputi:1. Minimal dua orang pendiri yang akan menjadi pemegang saham dalam PT.2. Nama PT harus unik dan belum pernah digunakan oleh badan usaha lain.3. Modal dasar PT minimal Rp 50 juta.4. PT harus memiliki alamat kantor yang jelas dan terdaftar di instansi pemerintah yang berwenang.

Persyaratan Pendirian PT Bagi Warga Negara Indonesia

Bagi Warga Negara Indonesia yang ingin mendirikan PT, ada beberapa persyaratan tambahan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut meliputi:1. Pendiri PT harus memiliki KTP dan NPWP.2. Pendiri PT harus memiliki rekening bank atas nama pribadi.3. Pembayaran modal dasar PT harus dilakukan melalui rekening bank atas nama pendiri PT.

Persyaratan Pendirian PT Bagi Warga Negara Asing

Bagi Warga Negara Asing yang ingin mendirikan PT di Indonesia, ada beberapa persyaratan tambahan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut meliputi:1. Warga Negara Asing harus memiliki izin tinggal terbatas di Indonesia.2. Warga Negara Asing harus memiliki KITAS atau KITAP.3. Warga Negara Asing harus memiliki rekening bank atas nama pribadi.4. Pembayaran modal dasar PT harus dilakukan melalui rekening bank atas nama Warga Negara Asing.

  Pembuatan Akta Pendirian Untuk Perseroan Terbatas Adalah Di

Prosedur Pendirian PT

Setelah memenuhi semua persyaratan, langkah selanjutnya adalah melakukan prosedur pendirian PT. Proses pendirian PT meliputi:1. Membuat Akta Pendirian PT di hadapan Notaris.2. Mendaftarkan Akta Pendirian PT ke Kementerian Hukum dan HAM.3. Mendaftarkan PT ke instansi pemerintah yang berwenang untuk memperoleh Izin Usaha.4. Melakukan pengumuman pendirian PT di media yang telah ditentukan oleh peraturan perundang-undangan.

Kesimpulan

Itulah beberapa syarat dan prosedur pendirian PT menurut Hukumonline. Penting bagi para pengusaha untuk memahami persyaratan yang harus dipenuhi agar proses pendirian PT dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan aspek hukum dan peraturan yang berlaku untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.