Syarat Pendirian PT Berdasarkan UU 40 2007

Syarat Pendirian PT Berdasarkan UU 40 2007

Pengertian PT

PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang sering dipilih oleh para pengusaha untuk melakukan kegiatan bisnis. PT memiliki kelebihan dalam hal kemudahan pengumpulan modal dan permodalan yang terbatas pada kepemilikan saham. Seiring dengan perkembangan zaman, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan undang-undang yang mengatur tentang syarat pendirian PT, yaitu UU 40 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Syarat Pendirian PT

Untuk memulai pendirian PT, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai dengan UU 40 2007. Persyaratan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Minimal 2 orang pendiri

Pendirian PT harus dilakukan oleh minimal 2 orang pendiri. Pendiri dapat berupa orang perorangan atau badan usaha.

2. KTP dan NPWP pendiri

Setiap pendiri harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang masih berlaku.

3. Surat Pernyataan Pendirian PT

Surat Pernyataan Pendirian PT harus dibuat dan ditandatangani oleh semua pendiri. Surat ini berisi tentang niat dan kesepakatan untuk membentuk PT beserta rincian pendirian PT.

  Rincian Lengkap Biaya Pendirian PT di Depok

4. Akta Pendirian PT

Akta Pendirian PT adalah dokumen pendirian PT yang dibuat oleh notaris. Akta ini berisi tentang rincian perusahaan, struktur organisasi, dan peraturan-peraturan yang berlaku dalam perusahaan. Akta ini juga harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

5. Modal dasar minimal

PT harus memiliki modal dasar minimal sebesar Rp50.000.000,-. Modal ini dapat berasal dari pendiri perusahaan atau pihak luar perusahaan yang ingin melakukan investasi.

6. Saham minimal 2 lembar

PT harus memiliki minimal 2 lembar saham yang dimiliki oleh para pendiri perusahaan. Saham ini dapat dibeli oleh pihak luar perusahaan yang ingin melakukan investasi.

7. Membuat Surat Izin Usaha

Setelah Akta Pendirian PT selesai dibuat, maka perusahaan harus membuat izin usaha di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat.

8. Mendaftarkan PT ke Kementerian Hukum dan HAM

Setelah semua persyaratan terpenuhi, PT harus didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian, perusahaan akan mendapatkan tanda daftar perusahaan dan nomor induk berusaha (NIB).

Kesimpulan

Itulah syarat pendirian PT berdasarkan UU 40 2007. Dalam memulai bisnis, penting untuk memahami semua persyaratan dan aturan yang berlaku agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Dengan memenuhi semua persyaratan tersebut, diharapkan PT dapat berjalan dengan baik dan sukses dalam berbisnis.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.