Syarat Pendirian Perusahaan Dagang

Pendahuluan

Pendirian perusahaan dagang (PT) merupakan salah satu bentuk usaha yang paling umum di Indonesia. PT merupakan badan usaha yang memiliki keuntungan sebagai tujuan utama. Agar dapat menjalankan bisnis secara legal dan memenuhi persyaratan yang ada, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Bentuk Perusahaan

Bentuk perusahaan yang dapat didirikan di Indonesia adalah PT, CV, Firma, dan Perusahaan Perseorangan. Namun, PT adalah bentuk perusahaan yang paling umum dan paling banyak diminati oleh para investor. PT juga memiliki kelebihan seperti perlindungan terhadap risiko kerugian yang lebih baik daripada bentuk perusahaan lainnya.

Pemegang Saham

Untuk mendirikan PT, dibutuhkan minimal 2 orang pemegang saham. Pemegang saham bisa berupa orang perorangan atau badan usaha. Setiap pemegang saham diwajibkan untuk memiliki setidaknya satu lembar saham.

Pengurus Perusahaan

Pengurus perusahaan dapat berperan sebagai Direktur atau Komisaris. Direktur bertanggung jawab atas pengelolaan perusahaan sehari-hari, sedangkan Komisaris bertanggung jawab atas pengawasan dan memberikan saran kepada Direktur.

Akta Pendirian

Akta pendirian PT harus dibuat oleh notaris dan berisi informasi mengenai pemegang saham, pengurus perusahaan, dan modal awal perusahaan. Akta pendirian ini harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dan menjadi dasar hukum bagi perusahaan.

Modal Awal

Modal awal PT harus disetor penuh oleh pemegang saham dan tersimpan dalam bank yang ditunjuk oleh perusahaan. Besarnya modal awal minimal adalah Rp. 50.000.000,-.

  Syarat-syarat Mendirikan Badan Usaha

Nomor Induk Berusaha

Setelah PT didirikan, perusahaan harus mendaftar untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB merupakan persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh izin usaha dan akses ke berbagai layanan pemerintah.

Izin Usaha

Setiap jenis usaha memiliki persyaratan dan izin yang berbeda-beda. Sebagai contoh, perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman harus memperoleh izin dari BPOM dan Dinas Kesehatan. Jika perusahaan tidak memenuhi persyaratan izin yang berlaku, perusahaan dapat dikenakan sanksi atau bahkan dihentikan operasinya.

Tanda Daftar Perusahaan

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat dan berfungsi sebagai tanda pengesahan usaha yang dilakukan oleh perusahaan. TDP harus ditempel di tempat usaha dan dapat menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut telah terdaftar secara legal.

PPh Badan

Perusahaan yang telah mendapatkan NPWP dan NIB harus membayar PPh Badan. PPh Badan adalah pajak penghasilan yang dibayar oleh perusahaan atas keuntungan bersih yang diperolehnya. Besarnya PPh Badan tergantung pada besarnya keuntungan yang diperoleh perusahaan.

NPWP Perusahaan

Setiap perusahaan juga harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). NPWP perusahaan yang diperoleh melalui Kantor Pajak setempat digunakan untuk keperluan administrasi dan pembayaran pajak.

Izin Mendirikan Bangunan

Jika perusahaan akan membangun sebuah gedung atau bangunan, perusahaan harus memperoleh Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari pihak berwenang. IMB diperlukan agar bangunan yang dibangun memenuhi standar dan terhindar dari resiko bahaya.

  Syarat Mendirikan PT Perseroan Terbatas Bogor

Surat Izin Usaha Perdagangan

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) diperlukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan. SIUP dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat dan berisi informasi mengenai jenis usaha dan alamat perusahaan.

Izin Gangguan

Izin Gangguan diperlukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang industri. Izin Gangguan dikeluarkan oleh pihak berwenang dan berisi informasi mengenai jenis usaha dan dampak yang mungkin ditimbulkan oleh usaha tersebut terhadap lingkungan sekitar.

SIUJK

Perusahaan yang ingin mengikuti lelang pemerintah harus memperoleh Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK). SIUJK dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan berisi informasi mengenai pengalaman dan kualifikasi perusahaan dalam bidang konstruksi.

Lokasi Usaha

Lokasi usaha juga harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Setiap daerah memiliki aturan yang berbeda-beda mengenai izin usaha dan lokasi usaha yang diperbolehkan. Sebelum memilih lokasi usaha, pastikan untuk memperoleh informasi mengenai persyaratan yang berlaku.

Asuransi

Perusahaan dapat membeli asuransi untuk melindungi dirinya dari risiko kerugian yang mungkin terjadi. Asuransi yang diperlukan tergantung pada jenis usaha yang dijalankan oleh perusahaan.

Perizinan Khusus

Beberapa jenis usaha memerlukan perizinan khusus seperti perusahaan yang bergerak di bidang penyimpanan bahan berbahaya dan beracun, perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan sampah, dan perusahaan yang bergerak di bidang nuklir.

Kontrak Kerja

Setelah perusahaan didirikan, perusahaan harus membuat kontrak kerja dengan para karyawan. Kontrak kerja harus memuat informasi mengenai hak dan kewajiban karyawan serta perusahaan.

  Syarat Syarat Pendirian Badan Hukum 2023

Kondisi dan Persyaratan Kerja

Perusahaan juga harus memenuhi kondisi dan persyaratan kerja yang berlaku, seperti menjamin kesehatan dan keselamatan kerja, memberikan gaji yang sesuai, dan memberikan cuti yang layak.

Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Jika perusahaan memiliki produk atau merek tertentu, perusahaan harus memperoleh perlindungan hak kekayaan intelektual. Perlindungan ini dapat berupa hak cipta, hak paten, atau merek dagang.

Perizinan dan Persyaratan Lainnya

Setiap jenis usaha memiliki perizinan dan persyaratan lainnya yang harus dipenuhi. Pastikan untuk memperoleh informasi yang lengkap mengenai perizinan dan persyaratan yang berlaku untuk jenis usaha yang dijalankan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.