Syarat Pendirian Persero Tangerang

Pengertian Persero

Sebelum membahas tentang syarat pendirian persero Tangerang, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian persero. Persero merupakan singkatan dari Perusahaan Perseroan (Persero). Perusahaan perseroan adalah badan usaha yang didirikan oleh negara atau pemerintah daerah yang menjalankan kegiatan untuk mencari keuntungan dan memiliki modal dasar yang seluruhnya dimiliki oleh negara atau pemerintah daerah.

Syarat Pendirian Persero Tangerang

Untuk mendirikan persero di Tangerang, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah syarat-syarat tersebut:

1. Mempersiapkan Akta Pendirian

Akta pendirian adalah dokumen yang berisi tentang perjanjian pendirian persero. Akta pendirian ini harus disahkan oleh notaris. Dalam akta pendirian harus tercantum nama perusahaan, tujuan perusahaan, susunan pengurus perusahaan, dan lain sebagainya.

2. Mendaftarkan Persero ke Kementerian Hukum dan HAM

Setelah akta pendirian selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan persero ke Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran ini bertujuan untuk memperoleh pengesahan badan hukum persero.

  Syarat Mendirikan PT Perseroan Terbatas Tangerang

3. Menyediakan Modal Dasar yang Cukup

Persero yang didirikan harus memiliki modal dasar yang cukup. Modal dasar ini merupakan jumlah saham yang akan diterbitkan dan harus seluruhnya dimiliki oleh negara atau pemerintah daerah.

4. Membuat Izin Usaha

Selain mendaftarkan persero ke Kementerian Hukum dan HAM, persero juga harus membuat izin usaha. Izin usaha ini diperlukan agar persero dapat menjalankan kegiatan usahanya dengan legal.

5. Mendaftarkan Persero ke Badan Pengawas Pasar Modal

Persero yang menjalankan kegiatan di bidang pasar modal juga harus mendaftarkan diri ke Badan Pengawas Pasar Modal. Badan ini bertugas untuk mengawasi perusahaan yang bergerak di bidang pasar modal.

6. Mendapatkan Sertifikat Tanda Daftar Perusahaan

Sertifikat Tanda Daftar Perusahaan (STDP) dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian dan menjadi bukti bahwa persero telah terdaftar sebagai badan hukum yang menjalankan kegiatan usaha di Indonesia.

7. Memperoleh NPWP dan SKT

Persero juga harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dari Kementerian Keuangan. NPWP diperlukan untuk melakukan pembayaran pajak dan SKT diberikan sebagai bukti bahwa persero telah terdaftar sebagai badan hukum yang membayar pajak.

8. Mendaftarkan Persero ke Badan Layanan Umum

Badan Layanan Umum (BLU) bertugas untuk mengawasi persero yang didirikan oleh pemerintah daerah. Persero yang didirikan oleh pemerintah daerah harus mendaftarkan diri ke BLU agar dapat menjalankan kegiatan usahanya dengan legal.

  Modal Pendirian PT Tangerang

Kesimpulan

Itulah beberapa syarat pendirian persero Tangerang yang harus dipenuhi. Sebelum mendirikan persero, pastikan untuk memeriksa dan memenuhi semua syarat yang ada agar persero dapat berjalan dengan legal dan sesuai peraturan yang berlaku.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.