Syarat Pendirian CV Perusahaan

Pengertian CV Perusahaan

Sebelum membahas syarat pendirian CV perusahaan, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu CV perusahaan. CV perusahaan adalah bentuk usaha yang berbentuk badan hukum yang memiliki beberapa pemilik atau yang sering disebut sebagai komanditer. CV perusahaan biasanya didirikan oleh dua orang atau lebih yang ingin menjalankan usaha bersama dengan membagi tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Syarat Pendirian CV Perusahaan

Untuk mendirikan CV perusahaan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain:

1. Nama Perusahaan

Nama perusahaan harus unik dan belum digunakan oleh perusahaan lain. Selain itu, nama perusahaan harus mencantumkan kata “CV” sebagai penanda bahwa perusahaan tersebut adalah bentuk usaha komanditer.

2. Pendirian Akta Perusahaan

CV perusahaan harus didirikan melalui akta notaris yang memuat informasi mengenai nama perusahaan, alamat perusahaan, jumlah modal yang disetor, nama-nama pengurus, dan lain sebagainya.

3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Setelah mendirikan CV perusahaan, pemilik perusahaan harus mendaftarkan perusahaan tersebut ke Kantor Pajak dan memperoleh NPWP.

4. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

CV perusahaan juga harus memiliki SIUP yang diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat.

5. Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Jika perusahaan akan memiliki bangunan sendiri, maka pemilik perusahaan harus memperoleh IMB dari pemerintah setempat.

6. Izin Lingkungan

CV perusahaan juga harus memperoleh izin lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup setempat, terutama jika perusahaan akan melakukan kegiatan yang berdampak pada lingkungan.

  Contoh Akta Pendirian PT Jakarta

7. Izin Kesehatan

Jika perusahaan akan menjual produk yang berhubungan dengan makanan atau minuman, maka perusahaan harus memperoleh izin kesehatan dari Dinas Kesehatan setempat.

8. Izin Gangguan

Jika perusahaan akan beroperasi di area yang dekat dengan pemukiman warga, maka perusahaan harus memperoleh izin gangguan dari pemerintah setempat.

9. Izin Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)

Jika perusahaan termasuk dalam kategori UMKM, maka perusahaan harus memperoleh izin UMKM dari instansi yang berwenang.

Kesimpulan

Itulah beberapa syarat pendirian CV perusahaan yang harus dipenuhi. Selain itu, pemilik perusahaan juga harus memperhatikan regulasi yang berlaku di setiap wilayah, sehingga perusahaan dapat beroperasi dengan lancar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.