Syarat Pembuatan Akta PT Bekasi

Syarat Pembuatan Akta PT Bekasi

Jika Anda ingin membuat sebuah perusahaan terbatas (PT) di Bekasi, maka salah satu dokumen yang harus dipersiapkan adalah akta pendirian PT. Akta ini berfungsi sebagai bukti sah bahwa perusahaan Anda sudah terdaftar dan diakui oleh pihak berwajib. Namun, sebelum akta tersebut bisa disahkan, Anda harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:

1. Membuat Surat Permohonan Pendirian PT

Surat permohonan pendirian PT harus ditulis dengan jelas dan lengkap. Surat ini berisi tentang nama perusahaan, tujuan pendirian perusahaan, alamat perusahaan, komposisi pemegang saham, dan lain sebagainya. Pastikan Anda menuliskan surat ini dengan teliti dan mencantumkan semua informasi yang dibutuhkan.

2. Menyiapkan Persetujuan Nama Perusahaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Sebelum akta pendirian PT bisa dibuat, Anda harus mendapatkan persetujuan nama perusahaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia terlebih dahulu. Persetujuan ini diberikan jika nama perusahaan yang diajukan belum digunakan oleh perusahaan lain dan tidak melanggar aturan yang ada.

3. Menyiapkan Surat Kuasa Khusus

Surat kuasa khusus diperlukan jika Anda ingin menunjuk pihak lain untuk mengurus pembuatan akta PT. Surat ini harus ditandatangani oleh Direktur atau pemegang saham mayoritas dan harus mencantumkan nama lengkap dan identitas orang yang ditunjuk sebagai kuasa.

4. Membuat Akta Pendirian PT

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, Anda bisa membuat akta pendirian PT. Akta ini biasanya disusun oleh notaris atau pengacara yang ahli di bidang hukum perusahaan. Akta ini berisi tentang identitas pemegang saham, besaran modal, jumlah saham yang dimiliki oleh masing-masing pemegang saham, dan lain sebagainya.

  Akta Pendirian Usaha Dagang Bekasi

5. Menyerahkan Dokumen-dokumen ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Setelah akta pendirian PT selesai dibuat, dokumen-dokumen tersebut harus diserahkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk diverifikasi dan disahkan. Setelah semua dokumen dinyatakan lengkap dan benar, akta pendirian PT akan diterbitkan dan perusahaan Anda resmi terdaftar.

Itulah daftar syarat pembuatan akta PT di Bekasi yang harus Anda penuhi. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan di atas agar pembuatan akta PT bisa berjalan dengan lancar dan perusahaan Anda bisa segera terdaftar secara resmi.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.