Syarat Pembuatan Akta Notaris Lembaga

Pengertian Akta Notaris Lembaga

Akta notaris lembaga adalah akta yang dibuat oleh seorang notaris dalam kapasitasnya sebagai pejabat umum yang sah dan berwenang untuk membuat akta tersebut. Akta notaris lembaga dibuat dalam rangka suatu perbuatan hukum yang dilakukan oleh suatu badan hukum, seperti perusahaan atau lembaga lainnya.

Syarat Pembuatan Akta Notaris Lembaga

Untuk membuat akta notaris lembaga, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh badan hukum yang bersangkutan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Badan Hukum yang Berbadan Hukum

Badan hukum yang ingin membuat akta notaris lembaga harus terlebih dahulu memiliki badan hukum yang sah dan terdaftar di kantor notaris setempat. Badan hukum yang baru terbentuk atau belum memiliki badan hukum tidak dapat membuat akta notaris lembaga.

2. Kepemilikan Surat Izin Usaha

Badan hukum yang ingin membuat akta notaris lembaga juga harus memiliki surat izin usaha yang masih berlaku. Surat izin usaha ini harus dikeluarkan oleh instansi yang berwenang, seperti Kementerian Hukum dan HAM atau Departemen Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

  Pendirian Perusahaan Harus Dibuat Di Depok

3. Kepemilikan Nomer Induk Berusaha

Selain surat izin usaha, badan hukum yang ingin membuat akta notaris lembaga juga harus memiliki nomer induk berusaha (NIB) yang masih berlaku. NIB ini dikeluarkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan harus dimiliki oleh setiap badan hukum yang beroperasi di Indonesia.

4. Kepemilikan Akta Pendirian

Badan hukum yang ingin membuat akta notaris lembaga juga harus memiliki akta pendirian yang sah dan sah secara hukum. Akta pendirian ini berisi informasi mengenai pendirian badan hukum, seperti nama, tujuan, modal, dan susunan pengurus.

5. Kepemilikan Anggaran Dasar dan Perubahan Anggaran Dasar

Selain akta pendirian, badan hukum juga harus memiliki anggaran dasar yang sah dan sah secara hukum. Anggaran dasar ini berisi informasi mengenai susunan pengurus, tata cara pengambilan keputusan, dan aturan-aturan lain yang mengatur badan hukum tersebut.

6. Kepemilikan Tanda Daftar Perusahaan

Badan hukum yang ingin membuat akta notaris lembaga harus memiliki tanda daftar perusahaan (TDP) yang masih berlaku. TDP ini merupakan tanda bahwa badan hukum tersebut terdaftar di kantor pendaftaran perusahaan setempat.

Kata Kunci Meta

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.