Syarat Pembuatan Akta CV Di Notaris

Pendahuluan

Dalam dunia bisnis, penting untuk mengetahui dokumen-dokumen yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan. Salah satu dokumen penting adalah akta pendirian CV atau Commanditaire Vennootschap. Dalam artikel ini, kami akan membahas syarat-syarat pembuatan akta CV di notaris.

Persyaratan Umum

Sebelum kita membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa CV adalah jenis badan usaha yang terdiri dari dua jenis anggota, yaitu komplementer dan komanditer. Persyaratan umum pembuatan akta CV di notaris adalah sebagai berikut:1. Minimal memiliki dua anggota, yaitu komplementer dan komanditer.2. Memiliki maksimal 50 anggota komanditer.3. Memiliki modal awal minimal Rp 50 juta.4. Menyerahkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Persyaratan Dokumen

Bagi calon pendiri CV yang ingin membuat akta CV di notaris, dibutuhkan beberapa dokumen yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah persyaratan dokumen yang dibutuhkan:1. KTP dan NPWP anggota pendiri (komplementer dan komanditer).2. Surat pernyataan tidak memiliki permasalahan hukum dan tidak memiliki hutang piutang.3. Surat pernyataan tidak pernah dinyatakan pailit oleh pengadilan.4. Bukti pembayaran modal awal minimal Rp 50 juta.5. Surat kuasa apabila salah satu anggota tidak bisa hadir.6. Surat persetujuan dari semua anggota pendiri.7. Naskah akta pendirian CV.

Tata Cara Pembuatan Akta

Setelah terpenuhi persyaratan dokumen, calon pendiri CV akan diarahkan oleh notaris untuk mengisi formulir pendirian CV. Kemudian notaris akan memeriksa dokumen yang dibawa oleh calon pendiri CV dan meminta penjelasan apabila ada dokumen yang kurang jelas.Setelah itu, notaris akan membuat akta pendirian CV yang dibaca oleh seluruh anggota pendiri secara bergantian dan ditandatangani oleh semua anggota. Kemudian notaris akan menerbitkan salinan akta pendirian CV untuk dibawa oleh seluruh anggota pendiri.

  Syarat Perpanjangan Akta Perusahaan 2023

Kesimpulan

Demikianlah syarat-syarat pembuatan akta CV di notaris. Calon pendiri CV harus memenuhi persyaratan umum dan dokumen yang dibutuhkan serta mengikuti tata cara pembuatan akta yang telah dijelaskan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi mengenai pembuatan akta CV di notaris.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.