Syarat Pembentukan PT

Pengertian PT

Sebelum membahas syarat untuk pembentukan PT, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu PT. PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih, dengan tujuan untuk melakukan kegiatan usaha secara bersama-sama. PT juga memiliki kelebihan dalam hal memisahkan antara harta pribadi dengan harta perusahaan.

Syarat Utama

Untuk membentuk PT, terdapat beberapa syarat utama yang harus dipenuhi. Pertama, minimal harus ada dua orang yang menjadi pendiri PT tersebut. Kedua, besarnya modal yang diperlukan minimal sebesar Rp50 juta. Ketiga, pendirian PT harus memenuhi persyaratan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Perizinan

Setelah memenuhi syarat utama, langkah selanjutnya adalah mengurus perizinan bagi PT yang akan didirikan. Perizinan yang harus diurus antara lain adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Akta Pendirian PT.

SIUP

SIUP adalah surat izin yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk badan usaha yang melakukan kegiatan perdagangan. Untuk mendapatkan SIUP, PT harus mengurusnya ke pemerintah daerah setempat.

TDP

TDP adalah tanda daftar yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk badan usaha yang melakukan kegiatan perdagangan. Untuk mendapatkan TDP, PT harus mengurusnya ke pemerintah daerah setempat.

Akta Pendirian PT

Akta Pendirian PT adalah dokumen yang berisi informasi mengenai pendirian PT. Akta ini dibuat oleh notaris dan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

  Syarat Pendirian Perusahaan Jakarta

Peninjauan Kembali

Setelah PT berhasil mendapatkan perizinan, masih ada satu tahap lagi yang harus dilakukan sebelum PT dapat beroperasi. Tahap tersebut adalah peninjauan kembali oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Peninjauan kembali dilakukan untuk memastikan bahwa PT telah memenuhi semua persyaratan untuk beroperasi.

Perijinan Tambahan

Selain perizinan yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa perijinan tambahan yang harus dipenuhi oleh PT tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Beberapa perijinan tambahan tersebut antara lain adalah izin lingkungan, izin usaha jasa konstruksi, dan izin usaha perbankan.

Biaya

Untuk memenuhi semua syarat dan perizinan yang diperlukan, PT harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Biaya yang harus dikeluarkan oleh PT antara lain adalah biaya notaris, biaya pembuatan SIUP dan TDP, biaya pengurusan Akta Pendirian PT, dan biaya perijinan tambahan.

Kesimpulan

Membentuk PT bukanlah hal yang mudah dan murah. Namun, jika semua persyaratan telah dipenuhi dan perizinan telah diperoleh, PT dapat beroperasi secara legal dan dapat bersaing dengan badan usaha lainnya. Oleh karena itu, penting bagi PT untuk memperhatikan semua syarat dan perizinan yang harus dipenuhi agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.