Syarat Mendirikan Badan Usaha Tangerang

Syarat Mendirikan Badan Usaha Tangerang

1. Pilih Bentuk Badan Usaha

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mendirikan badan usaha di Tangerang adalah memilih bentuk badan usaha yang sesuai. Ada beberapa bentuk badan usaha yang tersedia, seperti PT (Perseroan Terbatas), CV (Commanditaire Vennootschap), Firma, dan lain sebagainya. Setiap bentuk badan usaha memiliki persyaratan dan kewajiban yang berbeda-beda, sehingga penting untuk memilih dengan cermat.

2. Tentukan Nama Badan Usaha

Setelah menentukan bentuk badan usaha, langkah berikutnya adalah menentukan nama badan usaha. Nama yang dipilih harus sesuai dengan aturan yang berlaku, seperti tidak mengandung unsur yang melanggar aturan hukum dan etika, tidak sama dengan nama badan usaha yang sudah terdaftar, dan lain sebagainya.

3. Siapkan Akta Pendirian

Setelah menentukan nama badan usaha, langkah selanjutnya adalah menyiapkan akta pendirian. Akta pendirian berisi tentang identitas pendiri, tujuan dan kegiatan badan usaha, besarnya modal, struktur organisasi, dan lain sebagainya. Akta pendirian harus dibuat di hadapan notaris yang telah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

  Jelaskan Prosedur Pendirian Perseroan Terbatas Depok

4. Daftarkan Badan Usaha ke Notaris

Setelah akta pendirian selesai disusun, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan badan usaha ke notaris yang ditunjuk. Notaris akan melakukan pengesahan akta pendirian dan menerbitkan surat keterangan pendirian badan usaha.

5. Bayar Biaya Pembuatan PT

Setelah mendapatkan surat keterangan pendirian badan usaha dari notaris, langkah selanjutnya adalah membayar biaya pembuatan PT. Biaya ini terdiri dari biaya pengurusan akta pendirian, pengesahan kehakiman, dan biaya administrasi lainnya.

6. Daftarkan Badan Usaha ke Kementerian Hukum dan HAM

Setelah membayar biaya pembuatan PT, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan badan usaha ke Kementerian Hukum dan HAM. Pendaftaran ini dilakukan secara online melalui sistem SABH (Sistem Administrasi Badan Hukum).

7. Dapatkan Izin Usaha

Setelah badan usaha terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM, langkah selanjutnya adalah mendapatkan izin usaha. Izin usaha ini diperlukan untuk menjalankan kegiatan usaha yang sesuai dengan bidang yang dipilih.

8. Lakukan Pengurusan Pajak

Setelah mendapatkan izin usaha, langkah selanjutnya adalah melakukan pengurusan pajak. Pajak yang harus dipenuhi antara lain PPh (Pajak Penghasilan), PPN (Pajak Pertambahan Nilai), dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah).

9. Siapkan SIUP dan TDP

Setelah pengurusan pajak selesai, langkah selanjutnya adalah menyiapkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan). SIUP diperlukan untuk melakukan kegiatan perdagangan, sedangkan TDP diberikan sebagai tanda badan usaha terdaftar di Pemerintah.

  Akta Notaris PT Perorangan Tangerang: Semua yang Perlu Anda Ketahui

10. Patuhi Aturan dan Peraturan yang Berlaku

Setelah semua persyaratan terpenuhi, langkah terakhir dalam mendirikan badan usaha di Tangerang adalah mematuhi aturan dan peraturan yang berlaku. Hal ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan badan usaha dan meminimalisir risiko.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.