Syarat Membuat PT di Notaris

Apa itu PT?

PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk perusahaan yang paling umum di Indonesia. PT dapat dimiliki oleh individu atau kelompok. PT di Indonesia diatur oleh UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Mengapa Membuat PT di Notaris?

Membuat PT di notaris diperlukan untuk memastikan bahwa semua dokumen yang dibutuhkan untuk pendirian PT berada dalam kondisi yang benar dan sah. Notaris akan membantu mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan menyimpannya dalam sistem notaris, sehingga memudahkan akses dalam jangka panjang.

Siapa yang Bisa Membuat PT di Notaris?

Setiap orang atau kelompok yang ingin mendirikan PT bisa melakukannya di notaris. Namun, harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh undang-undang dan peraturan pemerintah.

Persyaratan Membuat PT di Notaris

Persyaratan utama untuk membuat PT di notaris adalah harus memiliki minimal dua orang pendiri dan modal dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, juga harus memenuhi beberapa persyaratan lainnya, seperti:

1. NPWP

Setiap pendiri PT harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang valid. NPWP diperlukan untuk membuka rekening bank, membuat faktur pajak, dan memperoleh izin usaha.

  Contoh Dokumen Akta Pendirian Usaha 2023

2. KTP

Setiap pendiri PT harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. KTP diperlukan untuk mengidentifikasi diri dan memastikan bahwa pendiri PT adalah warga negara Indonesia.

3. Surat Keterangan Domisili

Setiap pendiri PT harus memiliki Surat Keterangan Domisili (SKD) yang diterbitkan oleh kelurahan atau kecamatan setempat. SKD diperlukan untuk membuktikan bahwa pendiri PT memiliki alamat yang valid di wilayah setempat.

4. Akta Pendirian

Akta pendirian adalah dokumen resmi yang dibuat oleh notaris yang berisi tentang detail perusahaan dan pendirinya. Akta pendirian harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan diikuti dengan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

5. Surat Izin Usaha

Setelah mendapatkan akta pendirian dan pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, PT harus mengajukan Surat Izin Usaha (SIU) ke instansi pemerintah yang berwenang. SIU diperlukan untuk memastikan bahwa PT telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis.

6. NPWP Badan

Setelah PT mendapatkan SIU, selanjutnya adalah memperoleh NPWP Badan. NPWP Badan diperlukan untuk membayar pajak perusahaan dan memperoleh izin operasional yang sah.

Kesimpulan

Membuat PT di notaris dapat memudahkan proses pendirian perusahaan dan memastikan bahwa semua dokumen yang dibutuhkan dalam kondisi yang benar dan sah. Namun, harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh undang-undang dan peraturan pemerintah. Pastikan untuk mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan dengan teliti dan memperoleh izin usaha yang sah sebelum memulai operasional perusahaan.

  Contoh Akta Pendirian Usaha Pdf 2023
Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.