Syarat Dan Prosedur Pendirian PT

Syarat Dan Prosedur Pendirian PT

Pendahuluan

Membuka usaha sendiri bisa menjadi pilihan bagi orang yang ingin menghasilkan pendapatan sendiri. Salah satu cara untuk membuka usaha sendiri adalah dengan mendirikan perusahaan. PT atau Perseroan Terbatas adalah salah satu jenis perusahaan yang banyak dipilih di Indonesia. Namun, sebelum mendirikan PT, ada beberapa syarat dan prosedur yang harus dipenuhi.

Syarat Pendirian PT

1. Minimal dua orang sebagai pendiri PTUntuk mendirikan PT, dibutuhkan minimal dua orang pendiri. Pendiri PT bisa berupa individu atau badan hukum.2. Nama PTNama PT harus unik dan tidak boleh sama dengan perusahaan lain. Nama PT juga harus mencakup akronim PT di belakang nama perusahaan.3. Jumlah modal dasar PT harus memiliki modal dasar minimal Rp50 juta. Modal dasar dapat berupa uang tunai atau aset lainnya.4. Membuat akta pendirianSetelah memenuhi syarat-syarat di atas, langkah selanjutnya adalah membuat akta pendirian yang dibuat oleh notaris.

Prosedur Pendirian PT

1. Mengajukan permohonan pembuatan PT ke Kementerian Hukum dan HAM Pendiri PT harus mengajukan permohonan pembuatan PT ke Kementerian Hukum dan HAM. Dalam permohonan ini, harus mencantumkan informasi tentang nama perusahaan, alamat perusahaan, tujuan perusahaan, dan komposisi kepemilikan saham.2. Membuat akta pendirianSetelah persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM diperoleh, langkah selanjutnya adalah membuat akta pendirian yang dibuat oleh notaris.3. Membuat pengumuman di media cetakSetelah akta pendirian selesai dibuat, pendiri PT harus membuat pengumuman di media cetak dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Pengumuman ini berisi informasi tentang pendirian PT, nama pendiri, nama PT, dan tujuan perusahaan.4. Melakukan pendaftaran ke Kantor Pajak TerdekatPendiri PT harus mendaftarkan perusahaan ke Kantor Pajak Terdekat untuk mendapatkan NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.5. Mendaftarkan PT ke NotarisSetelah mendapatkan NPWP, PT harus didaftarkan ke Notaris. Notaris akan membuat akta perubahan dan akta pengesahan serta memberikan tanda tangan dan cap resmi.6. Mendaftarkan PT ke Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau BAPPEBTI (jika diperlukan)Jika PT bergerak di bidang perdagangan berjangka komoditi, maka PT harus mendaftarkan diri ke BAPPEBTI.7. Mengajukan permohonan izin usahaSetelah semua proses di atas selesai, pendiri PT harus mengajukan permohonan izin usaha ke instansi yang berwenang, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

  Jasa Pendirian PT di Manado: Keuntungan, Persyaratan, Prosedur, Biaya, dan Keuntungan Bisnis

Kesimpulan

Itulah beberapa syarat dan prosedur pendirian PT. Mendirikan PT memang memerlukan proses yang cukup rumit, namun dengan melengkapi semua persyaratan dan mengikuti prosedur yang benar, Anda dapat dengan mudah mendirikan PT yang sesuai dengan keinginan Anda.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.