Syarat Buat PT Perorangan Jakarta

Pengertian PT Perorangan

PT Perorangan merupakan bentuk badan usaha yang dimiliki oleh satu orang pemilik atau lebih yang mengelola usaha dengan cara memisahkan antara kekayaan pribadi dan kekayaan usaha. PT Perorangan juga disebut dengan PT Perseroan Terbatas yang berbentuk perorangan.

Syarat Membuat PT Perorangan Jakarta

Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi untuk membuat PT Perorangan di Jakarta:

1. Memiliki NPWP

Setiap badan usaha wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). NPWP merupakan identitas pajak sebagai bukti bahwa badan usaha tersebut telah terdaftar pada Direktorat Jenderal Pajak.

2. Membuat Akta Pendirian

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat Akta Pendirian atau Surat Perjanjian Pendirian Perusahaan (SP3) yang dibuat oleh notaris. Akta pendirian berisi tentang pengesahan pendirian PT Perorangan, dan juga tentang detail dari kegiatan usaha yang akan dilakukan.

3. Membuat SK Menkumham

Setelah Akta Pendirian telah dibuat, maka harus mengurus Surat Keputusan (SK) dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). SK ini berisi tentang pengesahan dari badan hukum PT Perorangan.

4. Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Setiap badan usaha wajib memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang dikeluarkan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat. SIUP ini berisi tentang jenis usaha, lokasi usaha, dan ijin usaha dagang untuk melakukan aktivitas usaha.

5. Membuat TDP

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) merupakan tanda registrasi yang dikeluarkan oleh Dinas Koperasi dan UMKM setempat. TDP ini berisi tentang identitas perusahaan, alamat perusahaan, dan jenis usaha yang dilakukan.

  Syarat Formal Pendirian PT Bogor

6. Membuat surat izin lingkungan (SIL)

Badan usaha juga harus memiliki Surat Izin Lingkungan (SIL) yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup setempat. SIL ini berisi tentang syarat dan ketentuan untuk melakukan kegiatan usaha yang tidak merusak lingkungan.

7. Membuat surat keterangan domisili usaha

Setiap badan usaha juga harus memiliki Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) yang dikeluarkan oleh Kelurahan setempat. SKDU ini berisi tentang alamat domisili usaha dan identitas pemilik usaha.

8. Mempersiapkan dokumen lainnya

Selain dokumen-dokumen di atas, ada beberapa dokumen lainnya yang harus dipersiapkan seperti Rekening Bank Perusahaan, Surat pernyataan tidak memiliki hutang, dan dokumen lain yang diminta oleh instansi terkait.

Kesimpulan

Dalam membuat PT Perorangan di Jakarta, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti memiliki NPWP, membuat Akta Pendirian, membuat SK Menkumham, membuat SIUP, membuat TDP, membuat SIL, membuat SKDU, dan mempersiapkan dokumen lainnya. Dengan memenuhi semua syarat tersebut, maka badan usaha dapat beroperasi secara resmi dan legal di Indonesia.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.