Syarat Bikin PT Terbaru 2023

Syarat Bikin PT Terbaru 2023

PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk perusahaan yang banyak dipilih di Indonesia. Namun, untuk membuat PT, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pada tahun 2023, terdapat beberapa perubahan dan penambahan syarat yang harus diketahui oleh calon pendiri PT. Berikut adalah syarat bikin PT terbaru 2023:

Pendaftaran Nama PT

Langkah pertama dalam membuat PT adalah melakukan pendaftaran nama perusahaan. Syaratnya adalah nama PT yang dipilih harus unik dan belum dipakai oleh perusahaan lain. Selain itu, nama harus sesuai dengan klasifikasi usaha yang dipilih. Pendaftaran nama PT dapat dilakukan melalui situs online Sistem Elektronik Layanan Pengaduan Masyarakat (SELEKSIMA).

Pengurus PT

Syarat selanjutnya adalah memiliki pengurus PT yang meliputi Direktur Utama, Direktur, dan Komisaris. Namun, dalam PT dengan jumlah saham di bawah Rp. 50 juta, hanya dibutuhkan satu orang sebagai pengurus. Selain itu, pengurus PT harus memiliki nomor NPWP dan KTP yang masih berlaku.

  Syarat Syarat Pembuatan PT Bogor

Pembuatan Akta Notaris

Setelah pendaftaran nama PT dan pengurus PT selesai, langkah selanjutnya adalah membuat akta notaris. Akta notaris ini berisi tentang pendirian PT dan harus dibuat oleh notaris yang terdaftar dan terpercaya. Setelah akta notaris selesai dibuat, maka PT dianggap sah dan berdiri secara hukum.

Bukti Setoran Modal

Untuk membuat PT, calon pendiri harus menyertakan bukti setoran modal. Modal yang disetorkan minimal Rp. 50 juta untuk PT dengan jumlah saham di bawah Rp. 500 juta, dan minimal 25% dari jumlah saham yang diterbitkan untuk PT dengan jumlah saham di atas Rp. 500 juta. Setoran modal harus dilakukan ke rekening PT yang dibuat oleh bank yang ditunjuk oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Surat Izin Usaha

Setelah PT terdaftar dan berdiri secara hukum, calon pendiri harus mengajukan surat izin usaha. Surat izin usaha ini dapat diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM atau ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) jika perusahaan akan berinvestasi asing. Surat izin usaha diperlukan agar PT dapat menjalankan usahanya secara legal.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

NPWP diperlukan untuk membayar pajak dan melakukan administrasi perpajakan. Calon pendiri PT harus mendaftar NPWP ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat. Dalam mendapatkan NPWP, calon pendiri PT harus membawa KTP, akta notaris, dan surat izin usaha.

  Proses Pendirian PMA Tangerang

Izin Prinsip

Izin prinsip diperlukan jika PT akan melakukan investasi di bidang tertentu seperti pertambangan, perkebunan, perikanan, dan lain sebagainya. Izin prinsip dapat diajukan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau Kementerian Perindustrian.

SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

SIUP diperlukan jika PT akan melakukan kegiatan perdagangan. Calon pendiri PT harus mengajukan SIUP ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat. SIUP ini diperlukan agar PT dapat melakukan usahanya secara legal.

Izin Lingkungan

Izin lingkungan diperlukan jika PT berencana untuk melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan. Izin lingkungan ini dapat diajukan ke Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) setempat.

Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

IMB diperlukan jika PT akan membangun gedung atau bangunan lainnya. IMB dapat diajukan ke Dinas Perizinan setempat. PT harus memiliki IMB agar dapat membangun gedung atau bangunan lainnya secara legal.

Izin Gangguan

Izin gangguan diperlukan jika PT akan melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan gangguan bagi lingkungan sekitar. Izin gangguan ini dapat diajukan ke Dinas Pekerjaan Umum setempat.

Persetujuan Menteri

PT yang bergerak di bidang tertentu seperti pertahanan, keamanan, dan energi harus mendapatkan persetujuan dari Menteri terkait. Persetujuan Menteri diperlukan agar PT dapat menjalankan usahanya secara legal.

Surat Keterangan Domisili

Calon pendiri PT harus menyertakan surat keterangan domisili dalam proses pembuatan PT. Surat keterangan domisili ini dapat diperoleh dari kelurahan atau kecamatan setempat. Surat keterangan domisili diperlukan agar PT memiliki alamat domisili yang jelas.

  Syarat Buat PT Perorangan Bogor

Surat Izin Kerja

Surat izin kerja diperlukan jika PT akan merekrut tenaga kerja asing. Surat izin kerja dapat diajukan ke Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Perijinan Lainnya

PT harus memperoleh perijinan lainnya sesuai dengan jenis usahanya. Misalnya, jika PT bergerak di bidang makanan dan minuman, maka harus memperoleh Sertifikat Halal. Perijinan lainnya dapat diperoleh dari instansi terkait seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan lain sebagainya.

Pembuatan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Setelah semua syarat terpenuhi dan perizinan lengkap, calon pendiri PT dapat membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP). TDP ini berisi tentang identitas perusahaan dan harus dicetak dan dilekatkan di tempat strategis di kantor PT.

Kesimpulan

Demikianlah syarat bikin PT terbaru 2023. Calon pendiri PT harus memenuhi semua syarat dan perizinan agar PT dapat menjalankan usahanya secara legal dan sah. Pastikan juga untuk selalu mengikuti peraturan dan regulasi terkait PT yang dikeluarkan pemerintah.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.