Syarat Bikin PT Atau CV 2023

Apa Itu PT dan CV?

Sebelum membahas lebih jauh tentang syarat membuat PT atau CV, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu PT dan CV.PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang memiliki hak hukum yang terpisah dari para pemiliknya. PT memiliki legalitas yang jelas dan memiliki kemampuan untuk melakukan bisnis dan memperoleh keuntungan. Sedangkan CV atau Commanditaire Vennootschap adalah bentuk badan usaha yang memiliki dua jenis anggota, yaitu komanditer dan komplementer. Komanditer hanya berperan sebagai investor, sedangkan komplementer bertanggung jawab penuh atas kegiatan bisnis.

Syarat Membuat PT

Bagi Anda yang ingin membuat PT, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah syarat-syarat tersebut:1. Minimal memiliki dua orang pendiri yang berperan sebagai pemegang saham.2. Setiap pendiri harus memiliki identitas yang sah.3. Setoran modal awal minimal sebesar Rp50 juta untuk PT biasa dan Rp2,5 miliar untuk PT Persero.4. Membuat akta pendirian PT di hadapan notaris.5. Mendaftarkan PT ke Kementerian Hukum dan HAM.Selain itu, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan, seperti SK Kemenkumham, akta pendirian, TDP, NPWP, SIUP, serta dokumen lain yang dibutuhkan tergantung pada jenis usaha yang akan dijalankan.

Syarat Membuat CV

Jika Anda ingin membentuk CV, berikut adalah syarat-syaratnya:1. Setidaknya memiliki dua orang anggota, yaitu komanditer dan komplementer.2. Komplementer memiliki tanggung jawab penuh atas kegiatan bisnis, sedangkan komanditer hanya bertindak sebagai investor.3. Tidak ada persyaratan modal minimal untuk membuat CV.4. Membuat akta pendirian CV di hadapan notaris.5. Mendaftarkan CV ke Kementerian Hukum dan HAM.Selain itu, dokumen yang harus disiapkan juga hampir sama dengan PT, seperti NPWP, SIUP, TDP, dan dokumen lain yang sesuai dengan jenis usaha yang akan dijalankan.

  Syarat Membuat PT Atau CV di Tangerang

Perbedaan Antara PT dan CV

Meski keduanya sama-sama bentuk badan usaha, PT dan CV memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara PT dan CV:1. Jumlah anggota: PT minimal memiliki dua pemegang saham, sedangkan CV minimal memiliki dua anggota, yaitu komplementer dan komanditer.2. Modal: PT memiliki persyaratan modal minimal, sedangkan CV tidak memiliki persyaratan modal.3. Kepemilikan: Pemegang saham PT memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan, sedangkan komanditer CV tidak berhak memberikan suara.4. Tanggung jawab: Pemegang saham PT tidak bertanggung jawab atas kegiatan bisnis, sedangkan komplementer CV bertanggung jawab penuh atas kegiatan bisnis.

Keuntungan Membuat PT atau CV

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda memilih untuk membuat PT atau CV, antara lain:1. Memiliki badan usaha yang legal dan terjamin.2. Persyaratan modal yang minimal, terutama untuk CV.3. Pemilik saham atau anggota hanya bertanggung jawab sesuai dengan besaran modal yang disetor.4. Kemudahan dalam memperoleh pembiayaan dari bank atau investor.5. Memiliki hak hukum yang terpisah dari para pemiliknya, sehingga kekayaan pribadi tetap terlindungi.

Kata Kunci Meta

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.