Syarat Bikin CV Atau PT Tangerang

1. Siapkan Dokumen Penting

Sebelum membuat CV atau PT, pastikan kamu sudah siapkan dokumen-dokumen penting yang dibutuhkan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan NPWP. Jika kamu belum memiliki NPWP, segera daftar di kantor pajak terdekat.

2. Tentukan Jenis Usaha

Saat membuat PT, kamu perlu menentukan jenis usaha yang akan dijalankan. Ada beberapa jenis usaha seperti perusahaan dagang, jasa, manufaktur, dan lain-lain. Pastikan kamu memilih jenis usaha yang sesuai dengan keinginan dan kemampuanmu.

3. Pilih Nama Perusahaan

Pilih nama perusahaan yang unik dan mudah diingat oleh orang lain. Pastikan nama perusahaan yang kamu pilih belum digunakan oleh perusahaan lain dan sudah terdaftar di Dinas Kehakiman dan HAM.

  Persyaratan Bikin CV Perusahaan 2023

4. Tentukan Modal Awal

Sebelum membuat PT, tentukan modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Modal awal dapat berasal dari dana pribadi atau pinjaman dari bank atau investor.

5. Buat Akta Pendirian Perusahaan

Agar PT kamu resmi, buat akta pendirian perusahaan di hadapan notaris. Dalam akta pendirian perusahaan, terdapat informasi seperti nama perusahaan, alamat kantor, jenis usaha, modal awal, dan lain-lain.

6. Daftarkan PT di Sistem OSS

Setelah membuat akta pendirian perusahaan, daftarkan PT kamu di Sistem Online Single Submission (OSS). Sistem ini memudahkan kamu dalam mengurus perizinan usaha dan terintegrasi dengan berbagai instansi terkait.

7. Buat CV yang Menarik

Untuk membuat CV yang menarik, pastikan kamu menyertakan informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, dan lain-lain. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan buat desain yang menarik agar CV kamu tidak terlihat membosankan.

8. Sertakan Foto dalam CV

Sertakan foto dalam CV untuk memberikan gambaran tentang diri kamu kepada perusahaan yang akan melamar. Pastikan foto yang kamu gunakan bersifat formal dan tidak terlalu menggoda.

9. Buat Surat Lamaran Kerja yang Baik

Surat lamaran kerja merupakan surat yang berisi tentang permohonan kerja dari kamu kepada perusahaan yang dituju. Buat surat lamaran kerja yang baik dengan menyertakan informasi tentang diri kamu, alasan ingin bergabung dengan perusahaan, dan keahlian yang kamu miliki.

10. Jangan Lupa Menyertakan Kontak yang Aktif

Menyertakan kontak yang aktif dalam CV atau surat lamaran kerja sangatlah penting. Kontak yang aktif dapat memudahkan perusahaan untuk menghubungi kamu jika kamu lolos tahap seleksi.

11. Gunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam membuat CV atau surat lamaran kerja. Pastikan tidak terdapat kesalahan tata bahasa atau ejaan yang dapat mengurangi kesan profesionalisme kamu.

12. Sertakan Portofolio

Jika kamu memiliki portofolio, sertakan dalam CV atau surat lamaran kerja. Portofolio dapat memberikan gambaran tentang kemampuan dan hasil kerja kamu kepada perusahaan yang dituju.

  Biaya Urus PT

13. Tentukan Bidang Pekerjaan yang Kamu Inginkan

Tentukan bidang pekerjaan yang kamu inginkan dan sesuai dengan keahlianmu. Jangan melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlianmu karena ini dapat mengurangi kesempatan kamu untuk diterima.

14. Pastikan CV atau PT Kamu Sudah Lengkap

Sebelum mengirimkan CV atau PT, pastikan sudah lengkap dan tidak ada informasi yang hilang. Hal ini dapat meningkatkan kesempatan kamu untuk diterima oleh perusahaan yang dituju.

15. Buat Salinan CV atau PT

Buat salinan CV atau PT untuk cadangan agar kamu tidak kehilangan data penting jika terjadi sesuatu pada dokumen asli.

16. Pastikan CV atau PT Kamu Sudah Terkirim

Pastikan CV atau PT kamu sudah terkirim ke perusahaan yang dituju. Jika kamu melamar lewat email, pastikan email sudah terkirim dengan baik.

17. Jangan Pernah Menyerah

Jangan pernah menyerah jika kamu belum juga mendapatkan pekerjaan atau PT yang kamu inginkan. Teruslah berusaha dan tingkatkan kualitas diri kamu agar dapat bersaing dengan kandidat lainnya.

18. Jangan Memalsukan Informasi

Jangan memalsukan informasi dalam CV atau PT. Hal ini dapat berdampak buruk pada reputasi kamu dan dapat menyebabkan kamu tidak diterima oleh perusahaan yang kamu lamar.

19. Pelajari Lebih Banyak tentang Perusahaan yang Akan Kamu Lamar

Pelajari lebih banyak tentang perusahaan yang akan kamu lamar. Ketahui visi dan misi perusahaan serta budaya kerja mereka agar kamu dapat menyesuaikan diri dengan perusahaan tersebut.

20. Jangan Terlalu Banyak Menyertakan Pengalaman Kerja yang Tidak Relevan

Jangan terlalu banyak menyertakan pengalaman kerja yang tidak relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Pastikan pengalaman kerja yang kamu sertakan dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki keahlian yang dibutuhkan.

21. Buat CV atau PT yang Menonjol

Buat CV atau PT yang menonjol agar dapat menarik perhatian perusahaan yang kamu lamar. Gunakan desain yang menarik dan bahasa yang mudah dipahami untuk membuat CV atau PT kamu terlihat berbeda.

22. Sertakan Referensi

Sertakan referensi dalam CV atau PT untuk memberikan bukti bahwa kamu memiliki pengalaman kerja yang baik dan direkomendasikan oleh orang lain.

  Syarat Mendirikan CV Dan PT Depok

23. Jangan Terlalu Banyak Menyertakan Informasi Pribadi yang Tidak Penting

Jangan terlalu banyak menyertakan informasi pribadi yang tidak penting seperti hobi atau agama. Informasi ini tidak relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar dan dapat mengurangi profesionalisme CV atau PT kamu.

24. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Gunakan kata kunci yang tepat dalam CV atau PT untuk meningkatkan kemungkinan kamu muncul dalam hasil pencarian perusahaan yang sedang mencari kandidat.

25. Sertakan Pengalaman Kerja yang Terbaru

Jika kamu memiliki pengalaman kerja yang terbaru, sertakan dalam CV atau PT kamu. Pengalaman kerja yang terbaru dapat memberikan gambaran tentang kemampuan terbaru yang kamu miliki.

26. Buat CV atau PT yang Mudah Dibaca

Buat CV atau PT yang mudah dibaca dengan menggunakan font dan ukuran huruf yang tepat. Hindari penggunaan font yang terlalu kecil atau terlalu besar agar CV atau PT kamu mudah dibaca oleh perusahaan yang kamu lamar.

27. Sertakan Penghargaan atau Prestasi yang Pernah Kamu Dapatkan

Sertakan penghargaan atau prestasi yang pernah kamu dapatkan dalam CV atau PT. Penghargaan atau prestasi dapat memberikan gambaran bahwa kamu memiliki kemampuan yang diakui oleh orang lain.

28. Berikan Informasi yang Jelas dan Tepat

Berikan informasi yang jelas dan tepat dalam CV atau PT. Hindari informasi yang ambigu atau tidak jelas karena ini dapat mengurangi kesan profesionalisme kamu.

29. Sertakan Link ke Portofolio Online Kamu

Sertakan link ke portofolio online kamu dalam CV atau PT jika kamu memiliki portofolio online. Portofolio online dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang kemampuan dan hasil kerja kamu kepada perusahaan yang kamu lamar.

30. Selalu Perbarui CV atau PT Kamu

Selalu perbarui CV atau PT kamu agar tetap relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu inginkan. Perbarui pengalaman kerja dan keahlian kamu secara berkala agar kamu selalu memiliki CV atau PT yang terbaru.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.