Syarat Berdirinya Perseroan Terbatas Tangerang

Pendahuluan

Perseroan Terbatas (PT) adalah salah satu bentuk badan usaha yang sering digunakan di Indonesia. PT memberikan kepastian hukum bagi pemiliknya dan memungkinkan untuk memperoleh modal yang lebih besar. Namun, untuk mendirikan PT, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Artikel ini akan membahas syarat berdirinya PT di Tangerang.

Persyaratan Pendirian PT

1. Minimal dua orang pendiriPendirian PT harus dilakukan oleh minimal dua orang pendiri yang memiliki asal usul yang berbeda. Setiap pendiri harus memiliki KTP dan NPWP, serta memiliki keinginan dan kesepakatan bersama untuk mendirikan PT.2. Penetapan nama PTNama PT harus unik dan tidak ada yang sama dengan badan usaha lain yang telah terdaftar di Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH). Nama PT juga harus memenuhi kriteria tertentu, seperti tidak mengandung unsur SARA, tidak mengandung unsur negatif, dan tidak menyesatkan.3. Pengajuan akta pendirian PTSetelah menentukan nama PT, pendiri harus mengajukan akta pendirian PT ke notaris. Akta pendirian PT berisi tentang identitas pendiri, tujuan pendirian PT, susunan pengurus dan pemegang saham, modal dasar dan saham, serta hak dan kewajiban anggota. Akta pendirian PT harus ditandatangani oleh notaris dan pendiri.4. Pengumuman akta pendirian PT ke Kementerian Hukum dan HAMSetelah akta pendirian PT selesai dibuat dan ditandatangani, notaris wajib mengumumkan akta pendirian PT ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Pengumuman ini dilakukan melalui website SABH.5. Mendapatkan pengesahan dari KemenkumhamSetelah pengumuman akta pendirian PT, Kemenkumham akan melakukan pemeriksaan dan verifikasi terhadap akta pendirian PT. Jika semua persyaratan telah terpenuhi, Kemenkumham akan memberikan pengesahan dan memberikan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada PT tersebut.6. Melakukan pendaftaran NPWP dan SIUPSetelah mendapatkan NIB, PT harus melakukan pendaftaran NPWP dan SIUP ke Kantor Pajak dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat.

  Persyaratan Membuat CV Perusahaan Depok

Modal Dasar dan Saham

1. Setoran modal dasarSetoran modal dasar PT wajib dilakukan pada saat pendirian PT. Modal dasar minimal untuk PT adalah Rp 50 juta.2. SahamPT dapat memiliki saham dengan jumlah dan nilai nominal yang telah ditentukan dalam akta pendirian. Saham PT dapat diperjualbelikan dan dimiliki oleh pemilik saham.

Susunan Pengurus dan Pemegang Saham

1. Susunan PengurusPT harus memiliki susunan pengurus yang terdiri dari direksi dan dewan komisaris. Direksi bertanggung jawab atas operasional perusahaan, sedangkan dewan komisaris bertanggung jawab atas pengawasan dan pengendalian perusahaan.2. Pemegang SahamPemegang saham PT berhak memiliki saham dan mendapatkan bagian keuntungan dari perusahaan. Pemegang saham juga berhak memilih atau dipilih menjadi pengurus PT.

Kesimpulan

Itulah beberapa syarat berdirinya PT di Tangerang. Semua syarat harus dipenuhi dengan benar agar PT dapat terdaftar secara resmi dan memiliki kepastian hukum dalam menjalankan usahanya.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.