Syarat Akta Pendirian CV Bekasi

Pengertian CV Bekasi

CV atau Commanditaire Vennootschap merupakan sebuah bentuk badan usaha di Indonesia. CV Bekasi adalah CV yang didirikan di wilayah Bekasi. CV Bekasi memiliki beberapa syarat pendirian yang harus dipenuhi oleh calon pemilik usaha. Berikut ini adalah syarat akta pendirian CV Bekasi.

Syarat Akta Pendirian CV Bekasi

1. Nama CV Bekasi
Nama CV Bekasi harus unik dan belum digunakan oleh badan usaha lain di Indonesia. Nama CV Bekasi ini akan dicantumkan di dalam akta pendirian dan digunakan dalam segala urusan bisnis CV tersebut.

2. Minimal 2 orang pendiri
CV Bekasi minimal harus didirikan oleh 2 orang yang disebut dengan Kompagnons. Kompagnons adalah orang yang bertanggung jawab atas penyertaan modal dan membagi laba atau rugi pada CV Bekasi.

3. Penyertaan Modal
Penyertaan modal pada CV Bekasi minimal adalah sebesar Rp. 1.000.000,-. Penyertaan modal ini disebut sebagai Inbreng. Inbreng ini bisa berupa uang atau barang yang memiliki nilai tukar.

4. Pembuatan Akta Pendirian
Akta pendirian CV Bekasi harus dibuat oleh seorang Notaris yang berdomisili di wilayah Bekasi. Akta pendirian ini berisi tentang nama pendiri, tujuan usaha, jumlah modal yang disetor, dan lain-lain. Setelah akta pendirian dibuat, maka CV Bekasi dianggap sudah resmi berdiri.

5. Pengesahan Akta Pendirian
Setelah akta pendirian dibuat, maka harus disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pengesahan ini dibutuhkan untuk menegaskan bahwa CV Bekasi sudah resmi berdiri dan diakui secara hukum di Indonesia.

  Jasa Membuat CV Perusahaan di Bekasi

Konklusi

Itulah beberapa syarat akta pendirian CV Bekasi yang harus dipenuhi oleh calon pemilik usaha. Setelah CV Bekasi berdiri, maka pemilik usaha harus mematuhi semua peraturan yang berlaku di Indonesia untuk menjaga kelangsungan bisnisnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para calon pengusaha yang ingin mendirikan CV di wilayah Bekasi.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.