PT Perorangan Tanpa Akta Notaris: Apa dan Bagaimana Caranya?

PT Perorangan Tanpa Akta Notaris: Apa dan Bagaimana Caranya?

Apa itu PT Perorangan Tanpa Akta Notaris?

Jika kamu ingin memulai bisnis, mungkin kamu pernah mendengar istilah PT (Perseroan Terbatas). PT adalah bentuk perusahaan yang bisa didirikan oleh dua orang atau lebih untuk menjalankan usaha bersama. Namun, untuk mendirikan PT, biasanya dibutuhkan akta notaris. Tapi, tahukah kamu bahwa ada cara lain untuk mendirikan PT tanpa harus melalui notaris? Ya, cara ini disebut PT perorangan tanpa akta notaris.

PT perorangan tanpa akta notaris adalah bentuk perusahaan yang bisa didirikan oleh individu tanpa harus melalui notaris. Dalam hal ini, individu tersebut akan menjadi pemilik tunggal PT tersebut. Meskipun tidak melalui notaris, PT perorangan tetap harus didaftarkan di Kementerian Hukum dan HAM RI serta memperoleh izin usaha dari pemerintah setempat (jika diperlukan).

Bagaimana Cara Mendirikan PT Perorangan Tanpa Akta Notaris?

Untuk mendirikan PT perorangan tanpa akta notaris, kamu harus melakukan beberapa tahapan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Memilih nama perusahaan yang unik dan belum digunakan oleh perusahaan lain. Kamu bisa memeriksa ketersediaan nama perusahaan di situs resmi Kementerian Hukum dan HAM RI (https://sahamonline.kemenkumham.go.id/#/home).
  2. Melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti formulir pendaftaran, surat pernyataan kebenaran data, surat pernyataan tidak dalam pengawasan pengadilan, fotokopi KTP/Passport, dan fotokopi NPWP.
  3. Membayar biaya pendaftaran dan pengesahan PT.
  4. Mengajukan permohonan pendirian PT perorangan tanpa akta notaris ke Kementerian Hukum dan HAM RI secara online atau datang langsung ke Kantor Pusat Kementerian Hukum dan HAM RI.
  5. Menunggu proses persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM RI. Jika sudah disetujui, kamu akan menerima Surat Keputusan Pengesahan Pendirian Badan Hukum (SKPPBH).
  Cara Membuat Akta Pendirian Perusahaan 2023

Keuntungan Mendirikan PT Perorangan Tanpa Akta Notaris

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mendirikan PT perorangan tanpa akta notaris, di antaranya:

  • Lebih hemat biaya. Dengan tidak melalui notaris, kamu bisa menghemat biaya pembuatan akta notaris yang cukup mahal.
  • Lebih cepat dan mudah. Proses pendirian PT perorangan tanpa akta notaris bisa lebih cepat dan mudah karena tidak ada proses pembuatan akta notaris.
  • Lebih fleksibel. Sebagai pemilik tunggal, kamu memiliki kebebasan untuk mengelola dan mengambil keputusan terkait perusahaan tanpa harus berkonsultasi dengan pihak lain.

Kesimpulan

PT perorangan tanpa akta notaris adalah bentuk perusahaan yang bisa didirikan oleh individu tanpa harus melalui notaris. Proses pendiriannya cukup mudah dan lebih hemat biaya dibandingkan mendirikan PT biasa. Namun, kamu tetap harus memperhatikan persyaratan dan aturan yang berlaku agar PT perorangan tanpa akta notaris yang kamu dirikan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan hukum yang berlaku.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.