Prosedur Pendirian Perseroan Tangerang

Jenis-jenis Perseroan yang Bisa Didirikan di Tangerang

Sebelum memulai prosedur pendirian perseroan di Tangerang, penting untuk mengetahui jenis-jenis perseroan yang bisa didirikan di daerah ini. Ada tiga jenis perseroan yang umumnya didirikan di Tangerang, yaitu Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Komanditer (CV), dan Perseroan Persekutuan Komanditer (PPK).PT adalah jenis perseroan yang paling umum dan memiliki bentuk badan hukum yang kuat. Jenis perseroan ini cocok untuk usaha yang berskala besar dan memiliki banyak pemegang saham. Sementara itu, CV dan PPK cocok untuk usaha yang berskala kecil hingga menengah dan memiliki beberapa pemegang saham.

Prosedur Pendirian PT di Tangerang

Jika Anda ingin mendirikan PT di Tangerang, berikut adalah beberapa prosedur yang perlu Anda lakukan:1. Membuat akta pendirian PTAkta pendirian PT harus dibuat di hadapan notaris di Tangerang. Akta ini berisi informasi tentang nama, tujuan, alamat, modal, dan susunan pengurus PT.2. Mengajukan permohonan persetujuan nama PTSetelah membuat akta pendirian, Anda harus mengajukan permohonan persetujuan nama PT kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa nama PT yang Anda pilih belum dipakai oleh perusahaan lain.3. Mengurus dokumen perizinanSetelah nama PT disetujui, Anda harus mengurus dokumen perizinan di Kantor Pendaftaran Perusahaan di Tangerang. Dokumen perizinan yang harus diurus antara lain Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).4. Mendaftarkan PT ke Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Non-BankJika PT yang Anda dirikan bergerak di bidang pasar modal atau lembaga keuangan non-bank, Anda harus mendaftarkan perusahaan Anda ke Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Non-Bank (Bapepam-LK).5. Mendaftarkan PT ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS KesehatanAnda juga harus mendaftarkan PT ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk memenuhi kewajiban sebagai pengusaha yang baik.

  Syarat Syarat Berdirinya PT Jakarta

Prosedur Pendirian CV dan PPK di Tangerang

Jika Anda ingin mendirikan CV atau PPK di Tangerang, berikut adalah beberapa prosedur yang perlu Anda lakukan:1. Membuat akta pendirian CV atau PPKAkta pendirian CV atau PPK harus dibuat di hadapan notaris di Tangerang. Akta ini berisi informasi tentang nama, tujuan, alamat, modal, dan susunan pengurus perusahaan.2. Mengajukan permohonan persetujuan nama CV atau PPKSetelah membuat akta pendirian, Anda harus mengajukan permohonan persetujuan nama CV atau PPK kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa nama CV atau PPK yang Anda pilih belum dipakai oleh perusahaan lain.3. Mengurus dokumen perizinanSetelah nama CV atau PPK disetujui, Anda harus mengurus dokumen perizinan di Kantor Pendaftaran Perusahaan di Tangerang. Dokumen perizinan yang harus diurus antara lain SIUP dan TDP.4. Mendaftarkan CV atau PPK ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS KesehatanAnda juga harus mendaftarkan CV atau PPK ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk memenuhi kewajiban sebagai pengusaha yang baik.

Kesimpulan

Pendirian perseroan di Tangerang membutuhkan prosedur yang cukup kompleks. Namun, jika Anda mengikuti prosedur dengan benar, Anda dapat mendirikan perusahaan dengan bentuk badan hukum yang kuat dan memenuhi semua kewajiban sebagai pengusaha yang baik.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.