Prosedur Mendirikan Perusahaan CV 2023

Prosedur Mendirikan Perusahaan CV 2023

Pengertian Perusahaan CV

CV (Commanditaire Vennotschap) adalah bentuk perusahaan yang terdiri dari minimal dua orang, yang mana setidaknya satu orang bertindak sebagai pengelola dan satu orang lagi sebagai investor pasif. Dalam perusahaan CV, investor hanya bertanggung jawab atas jumlah modal yang telah disetorkan, sedangkan pengelola bertanggung jawab secara penuh terhadap kinerja perusahaan.

Langkah 1: Memilih Nama Perusahaan

Langkah pertama dalam mendirikan perusahaan CV adalah memilih nama perusahaan. Nama perusahaan haruslah unik dan tidak sama dengan perusahaan lain yang sudah ada. Pilih nama yang mudah diingat dan mudah diucapkan oleh orang lain. Pastikan nama perusahaan tidak mengandung unsur negatif atau kontroversial.

Langkah 2: Membuat Surat Pengajuan Pengesahan Nama Perusahaan

Setelah memilih nama perusahaan, langkah selanjutnya adalah membuat surat pengajuan pengesahan nama perusahaan. Surat ini nantinya akan dikirimkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) untuk mendapatkan persetujuan atas penggunaan nama perusahaan.

Langkah 3: Membuat Akta Pendirian

Setelah pengesahan nama perusahaan diterima, langkah berikutnya adalah membuat akta pendirian perusahaan CV. Akta pendirian ini bisa dibuat sendiri atau menggunakan jasa notaris. Dalam akta pendirian, tercantum informasi tentang identitas para pengelola dan investor, jumlah modal yang disetor, dan keputusan-keputusan penting dalam menjalankan perusahaan.

  Akta Pendirian Perusahaan Dibuat di Kantor

Langkah 4: Mendaftarkan Perusahaan CV ke Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH)

Setelah akta pendirian dibuat dan ditandatangani oleh para pengelola dan investor, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan perusahaan CV ke Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH). SABH merupakan sistem yang dikelola oleh Kemkumham untuk memudahkan proses administrasi perusahaan.

Langkah 5: Mendaftarkan Perusahaan CV ke Kementerian Koperasi dan UKM

Setelah mendaftarkan perusahaan CV ke SABH, langkah terakhir adalah mendaftarkan perusahaan ke Kementerian Koperasi dan UKM. Proses ini bertujuan untuk mendapatkan Surat Izin Usaha Mikro Kecil Menengah (SIUP-MK) yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan.

Kesimpulan

Mendirikan perusahaan CV memerlukan beberapa langkah yang harus diikuti secara berurutan. Langkah pertama adalah memilih nama perusahaan, kemudian membuat surat pengajuan pengesahan nama perusahaan, membuat akta pendirian, mendaftarkan perusahaan ke SABH, dan mendaftarkan perusahaan ke Kementerian Koperasi dan UKM. Dalam proses mendirikan perusahaan CV ini, pastikan mematuhi semua peraturan dan ketentuan yang berlaku untuk menghindari masalah di masa depan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.