Persyaratan Pembuatan PT Terbaru 2023

Apa itu PT?

PT adalah singkatan dari Perseroan Terbatas. PT adalah badan hukum yang paling umum digunakan di Indonesia. PT juga termasuk jenis badan usaha yang memiliki keuntungan atau laba sebagai tujuan utama. Dalam melakukan proses pembuatan PT, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan Pendirian PT

Untuk mendirikan PT di Indonesia, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Minimum Lima Orang Pendiri

Persyaratan pertama adalah minimal lima orang pendiri yang akan membentuk PT. Setiap pendiri juga harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang masih berlaku dan identitas diri yang sah seperti KTP, paspor, atau KK.

2. Membuat Akta Pendirian

Akta Pendirian PT harus dibuat dan ditandatangani oleh semua pendiri secara bersama-sama di hadapan notaris. Akta Pendirian ini berisi informasi tentang nama perusahaan, alamat perusahaan, nama dan informasi pendiri, jumlah modal, dan informasi lain yang diperlukan.

  Cara Mendirikan PT Hukumonline

3. Menyetor Modal Minimal

Setiap PT harus memiliki modal minimal sebesar Rp 50.000.000,-. Modal ini harus disetor ke rekening bank atas nama PT yang didirikan.

4. Mendapatkan Izin Usaha

Setelah Akta Pendirian disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, PT harus mendapatkan izin usaha dari instansi terkait. Jenis izin usaha yang diperlukan tergantung pada jenis usaha yang akan dijalankan oleh PT.

5. Mendaftarkan Perusahaan di Sistem Administrasi Badan Usaha

PT yang telah didirikan harus terdaftar di Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU) di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

6. Mendaftarkan PT di Kantor Pajak

Setelah PT didaftarkan di SABU, PT harus mendaftarkan dirinya di kantor pajak terdekat. Hal ini harus dilakukan dalam waktu 30 hari setelah PT terdaftar di SABU.

7. Mendaftarkan Tenaga Kerja

PT harus mendaftarkan tenaga kerjanya di BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Hal ini untuk melindungi karyawan dari risiko kecelakaan kerja dan penyakit.

8. Mendaftarkan Merek Dagang

PT juga harus mendaftarkan merek dagangnya ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Merek dagang ini akan memberikan hak eksklusif kepada PT untuk menggunakan merek dagang tersebut.

9. Mendaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi

Jika PT berencana untuk berbisnis di bidang perdagangan berjangka komoditi, harus mendaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

  Syarat Pendiri PT 2023 - Panduan Lengkap untuk Memulai Bisnis Anda

10. Mendaftar di Lembaga Pembiayaan

Jika PT berencana untuk memberikan pembiayaan, harus mendaftar di lembaga pembiayaan terdekat.

Kesimpulan

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembuatan PT. Persyaratan ini bisa berbeda tergantung pada jenis usaha yang akan dijalankan oleh PT. Jangan lupa untuk memperhatikan ketentuan dan persyaratan lainnya yang berlaku di Indonesia.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.