Persyaratan Pembuatan PT Baru Tangerang

Bagaimana Cara Membuat PT Baru di Tangerang?

PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang sering digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Di Tangerang sendiri, terdapat banyak persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat PT baru. Berikut ini adalah panduan lengkapnya.

1. Membuat Akta Pendirian PT

Langkah pertama dalam membuat PT baru adalah dengan membuat akta pendirian PT. Akta ini harus dibuat oleh notaris terkait dan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak PT. Beberapa hal yang harus tercantum dalam akta pendirian PT antara lain :

  • Nama perusahaan
  • Alamat perusahaan
  • Bidang usaha
  • Jumlah modal awal
  • Struktur perusahaan
  • Nama dan alamat para pendiri

Setelah akta pendirian PT telah dibuat, dokumen tersebut harus didaftarkan ke Kantor Notaris dan dibawa ke Kementerian Hukum dan HAM.

2. Mendapatkan Izin Usaha

Setelah mendapatkan akta pendirian PT, langkah selanjutnya adalah mendapatkan izin usaha. Izin usaha merupakan izin yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat dan harus dipenuhi oleh setiap perusahaan yang ingin beroperasi di wilayah tersebut. Pihak PT harus mengajukan permohonan izin usaha dan menyerahkan dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.

3. Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Setelah mendapatkan izin usaha, pihak PT harus membuat Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. SIUP ini merupakan surat izin yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan. Pihak PT harus mengajukan permohonan SIUP dan menyerahkan dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.

  Syarat-Syarat Pendirian Usaha di Jakarta: Panduan Lengkap

4. Membuat Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Tanda Daftar Perusahaan atau TDP adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan yang ingin beroperasi di Indonesia. TDP ini berfungsi sebagai bukti bahwa perusahaan telah terdaftar resmi di pemerintah daerah setempat. Pihak PT harus mengajukan permohonan TDP dan menyerahkan dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.

5. Mendaftarkan NPWP

Setelah memperoleh akta pendirian PT, izin usaha, SIUP, dan TDP, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. NPWP ini merupakan nomor identifikasi pajak yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan yang ingin beroperasi di Indonesia. Pihak PT harus mengajukan permohonan NPWP dan menyerahkan dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.

6. Mendaftarkan Badan Usaha di Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU)

Setelah semua persyaratan sebelumnya telah dipenuhi, pihak PT harus mendaftarkan badan usaha di Sistem Administrasi Badan Usaha atau SABU. SABU adalah sistem yang digunakan oleh pemerintah untuk mencatat semua data badan usaha yang beroperasi di Indonesia. Pihak PT harus mengajukan permohonan pendaftaran badan usaha di SABU dan menyerahkan dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.

7. Membuka Rekening Bank

Langkah terakhir dalam membuat PT baru adalah membuka rekening bank. Rekening bank ini berguna untuk mengelola keuangan perusahaan dan membayar pajak. Pihak PT harus memilih bank yang diinginkan dan membawa dokumen persyaratan untuk membuka rekening tersebut.

  Syarat Buat PT Atau CV Bekasi

Kata Kunci Meta: Persyaratan Pembuatan PT, PT Baru Tangerang, Izin Usaha, SIUP, TDP, NPWP, SABU, Rekening Bank

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.