Persyaratan Mendirikan PT 2021

Pendahuluan

Pendirian suatu perusahaan dapat menjadi salah satu cara untuk menghasilkan pendapatan dan mencapai tujuan finansial. Untuk memulai perusahaan, seseorang harus memahami persyaratan hukum dan administratif yang terkait dengan pendirian bisnis. Di Indonesia, bentuk perusahaan yang paling umum adalah Perseroan Terbatas atau PT. Artikel ini akan membahas persyaratan mendirikan PT di Indonesia pada tahun 2021.

Persyaratan Hukum

Untuk mendirikan PT di Indonesia, ada beberapa persyaratan hukum yang harus dipenuhi. Pertama-tama, calon pendiri harus memilih nama perusahaan dan melakukan verifikasi nama di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Nama perusahaan harus unik dan tidak digunakan oleh perusahaan lain. Setelah nama disetujui, pendiri harus membuat akta pendirian perusahaan yang dibuat oleh notaris. Akta pendirian ini berisi informasi tentang pendiri, tujuan bisnis, struktur organisasi, dan kepemilikan saham.Sebelum akta pendirian ditandatangani, pendiri harus membuka rekening bank atas nama perusahaan di bank yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan. Setelah itu, pendiri harus mendaftarkan akta pendirian ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, beserta dengan dokumen tambahan seperti paspor pendiri, bukti alamat, dan NPWP. Setelah akta pendirian disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, perusahaan harus mendaftarkan diri ke Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu atau BPPT.

Persyaratan Administratif

Selain persyaratan hukum, ada juga persyaratan administratif yang harus dipenuhi untuk mendirikan PT di Indonesia. Pertama-tama, pendiri harus memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak perusahaan. NPWP ini diperlukan untuk membuka rekening bank dan membayar pajak. Selain itu, perusahaan juga harus memiliki izin usaha yang dikeluarkan oleh Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.Pendirian PT juga memerlukan dokumen-dokumen seperti surat keterangan domisili, surat pernyataan kesanggupan melaksanakan kewajiban pajak, dan surat perizinan prinsip. Semua dokumen ini harus dipenuhi dan diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Setelah proses ini selesai, perusahaan dapat memulai operasinya.

  Contoh Akta Notaris Pendirian Perusahaan

Persyaratan Modal

Selain persyaratan hukum dan administratif, ada juga persyaratan modal yang harus dipenuhi untuk mendirikan PT. Persyaratan modal minimum untuk mendirikan PT adalah Rp 50 juta. Modal ini harus disetor ke rekening bank perusahaan dan dibuktikan dengan bukti setoran modal. Setoran modal harus dilakukan dalam waktu 1 minggu setelah akta pendirian disahkan.

Kesimpulan

Mendirikan PT di Indonesia memerlukan persyaratan hukum, administratif, dan modal yang harus dipenuhi. Persyaratan hukum meliputi pemilihan nama perusahaan, akta pendirian, dan pendaftaran ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Persyaratan administratif meliputi NPWP, izin usaha, dan dokumen-dokumen lainnya. Persyaratan modal minimal adalah Rp 50 juta. Dengan memenuhi semua persyaratan ini, pendiri dapat memulai perusahaan dan mencapai tujuan finansial mereka.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.