Persyaratan Membuat CV atau PT

Pengenalan

Membuat CV atau PT (Perusahaan Terbatas) adalah proses yang sangat penting bagi mereka yang mencari pekerjaan atau ingin memulai bisnis mereka sendiri. CV dan PT memiliki perbedaan signifikan dalam persyaratan pembuatannya, dan dalam artikel ini, kita akan membahas detailnya.

Persyaratan Membuat CV

CV, atau Curriculum Vitae, adalah dokumen yang menjelaskan pengalaman kerja, pendidikan, ketrampilan, dan pencapaian seseorang. Persyaratan utama untuk membuat CV adalah informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, dan ketrampilan. Berikut adalah detailnya:

Informasi Pribadi

Informasi pribadi yang harus disertakan dalam CV adalah nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan untuk menyertakan informasi yang valid dan mudah dihubungi.

Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja harus dicantumkan dalam urutan waktu terbalik, dimulai dari pengalaman kerja terbaru. Informasi yang harus disertakan adalah nama perusahaan, jabatan, masa kerja, dan tanggung jawab kerja.

Pendidikan

Pendidikan yang harus disertakan dalam CV adalah riwayat pendidikan formal, seperti perguruan tinggi, sekolah menengah atas, dan sekolah dasar. Cantumkan nama institusi, jenjang pendidikan, dan tahun kelulusan.

Ketrampilan

Ketrampilan yang harus disertakan dalam CV adalah ketrampilan yang relevan dengan pekerjaan yang sedang dicari. Misalnya, untuk posisi IT, ketrampilan yang harus disertakan adalah pemrograman, pengembangan web, dan manajemen basis data.

  Akta Pendirian CV Pdf Jakarta: Prosedur dan Persyaratan yang Wajib Diketahui

Persyaratan Membuat PT

PT (Perusahaan Terbatas) adalah entitas hukum yang memungkinkan seseorang atau kelompok orang untuk memulai bisnis mereka sendiri. Persyaratan utama untuk membuat PT adalah dokumen pendirian PT dan persyaratan hukum lainnya. Berikut adalah detailnya:

Dokumen Pendirian PT

Dokumen pendirian PT terdiri dari akta pendirian, anggaran dasar, dan pengesahan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Akta pendirian harus mencantumkan informasi tentang pengurus PT dan tujuan pendirian PT.

Persyaratan Hukum Lainnya

Persyaratan hukum lainnya untuk membuat PT adalah memiliki Nama Perseroan Terbatas (NPT), alamat kantor yang sah, dan memiliki setidaknya satu pemegang saham. Pemegang saham harus memiliki minimal 10% saham PT.

Kesimpulan

Membuat CV atau PT membutuhkan persyaratan yang berbeda. CV membutuhkan informasi pribadi, pengalaman kerja, pendidikan, dan ketrampilan. Sementara itu, PT membutuhkan dokumen pendirian PT dan persyaratan hukum lainnya. Pastikan untuk memahami persyaratan terkait CV atau PT sebelum memulai proses pembuatannya.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.