Persyaratan Buat PT – Panduan Lengkap Berdiri Perusahaan Terbatas

Persyaratan Buat PT – Panduan Lengkap Berdiri Perusahaan Terbatas

Pendahuluan

PT atau perusahaan terbatas adalah jenis perusahaan yang paling banyak dipilih oleh para pengusaha di Indonesia. Selain memberikan perlindungan hukum, PT juga memberikan kesempatan untuk memperoleh modal dan mengembangkan bisnis secara maksimal. Namun, untuk membuat PT diperlukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang persyaratan buat PT dan bagaimana memulai proses pembuatan PT.

Persyaratan Buat PT

Sebelum memulai proses pembuatan PT, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah persyaratan buat PT:

1. Minimal dua orang pendiri

PT harus didirikan oleh minimal dua orang pendiri yang bertindak sebagai pemegang saham. Pendiri bisa berupa individu atau badan hukum. Namun, jika pendiri adalah badan hukum, maka badan hukum tersebut harus memiliki kepemilikan saham di PT.

2. Membuat akta pendirian PT

Untuk membuat PT, dibutuhkan akta pendirian yang dibuat oleh notaris. Akta pendirian ini berisi informasi tentang pendiri, alamat PT, jumlah modal, dan perincian saham. Setelah akta pendirian dibuat, maka PT harus terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

3. Memiliki modal minimal Rp 50 juta

PT harus memiliki modal yang cukup untuk memulai kegiatan bisnisnya. Modal minimal yang dibutuhkan untuk membuat PT adalah Rp 50 juta. Modal ini dapat diberikan dalam bentuk uang tunai atau aset.

  Biaya Urus PT Bekasi

4. Menentukan susunan pengurus

Setelah PT terdaftar, maka susunan pengurus harus ditentukan. Susunan pengurus ini terdiri dari direksi dan dewan komisaris. Direksi adalah orang yang bertanggung jawab atas kegiatan operasional PT, sedangkan dewan komisaris adalah orang yang bertanggung jawab atas pengawasan direksi.

5. Membuat peraturan perusahaan

PT harus memiliki peraturan perusahaan yang berisi tentang aturan-aturan yang berlaku di PT. Peraturan perusahaan ini dibuat oleh rapat umum pemegang saham dan harus disahkan oleh notaris.

Proses Pembuatan PT

Setelah persyaratan buat PT terpenuhi, maka proses pembuatan PT dapat dimulai. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat PT:

1. Membuat akta pendirian

Pertama-tama, pendiri harus membuat akta pendirian yang berisi informasi tentang pendiri, alamat PT, jumlah modal, dan perincian saham. Akta pendirian ini dibuat oleh notaris dan harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

2. Mendaftarkan PT ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Setelah akta pendirian dibuat, PT harus didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pendaftaran ini dilakukan dengan mengajukan permohonan dan melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti akta pendirian, surat keterangan domisili, dan surat keterangan pengesahan susunan pengurus.

3. Mendapatkan surat izin usaha

Setelah PT terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, maka perusahaan harus mendapatkan surat izin usaha dari instansi terkait. Surat izin usaha ini berfungsi sebagai legalitas untuk memulai kegiatan bisnis.

  Persyaratan Pembuatan PT Perorangan 2023

4. Mendaftarkan perusahaan ke instansi terkait

Setelah mendapatkan surat izin usaha, PT harus mendaftarkan perusahaan ke instansi terkait, seperti Badan Pajak dan Retribusi Daerah, Sistem Administrasi Badan Usaha (SABU), dan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BKPM).

Kesimpulan

Membuat PT memang membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Namun, jika persyaratan ini terpenuhi, maka PT dapat memberikan perlindungan hukum dan peluang bisnis yang lebih maksimal. Dalam artikel ini, kami telah membahas secara lengkap tentang persyaratan buat PT dan bagaimana memulai proses pembuatan PT. Jangan lupa untuk memenuhi persyaratan yang ada dan mengikuti proses pembuatan PT dengan benar agar PT yang dibuat dapat berjalan dengan baik.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.