Pengesahan Akta Pendirian CV Bekasi

Pengertian CV (Commanditaire Vennootschap)

CV atau yang dikenal dengan nama Commanditaire Vennootschap adalah bentuk badan usaha yang terdiri dari dua jenis mitra, yaitu mitra aktif dan mitra pasif. Mitra aktif bertanggung jawab secara penuh atas kegiatan perusahaan, sedangkan mitra pasif hanya bertindak sebagai investor.

Syarat Pendirian CV

Untuk mendirikan CV, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, memiliki minimal dua mitra, yaitu mitra aktif dan mitra pasif. Kedua, akta pendirian harus dibuat dalam bentuk notaris. Ketiga, memiliki kekayaan bersih minimal Rp 50 juta. Keempat, mendapatkan Surat Izin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari pemerintah.

Proses Pengesahan Akta Pendirian CV Bekasi

Untuk mengesahkan akta pendirian CV di Bekasi, terdapat beberapa langkah yang harus diikuti. Pertama, membuat akta pendirian CV dengan format yang telah ditentukan oleh notaris. Kedua, mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan, seperti KTP, NPWP, dan surat pernyataan domisili perusahaan. Ketiga, membayar biaya pengesahan akta pendirian ke Kantor Notaris. Keempat, menyerahkan surat pengesahan akta pendirian ke Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Bekasi.

Manfaat Pendirian CV

Pendirian CV memiliki beberapa manfaat, antara lain dapat memperbesar modal usaha, memudahkan proses pengelolaan perusahaan, dan memperkuat posisi perusahaan di mata konsumen dan investor.

Konklusi

Dengan mengikuti proses pengesahan akta pendirian CV di Bekasi, perusahaan dapat memulai kegiatan usahanya secara resmi dan tercatat oleh pemerintah. Hal ini dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan berbagai transaksi dan memperbesar potensi untuk berkembang. Oleh karena itu, bagi para calon pengusaha yang ingin memulai usaha di Bekasi, mendirikan CV merupakan salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan.

  Perubahan Akta CV Bekasi
Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.