Pembuatan PT di Notaris Bekasi

Pembuatan PT di Notaris Bekasi

Pendahuluan

PT atau Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang banyak dipilih oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Selain memberikan perlindungan hukum yang lebih baik, PT juga mempermudah pengumpulan modal karena dapat menjual saham kepada publik. Jika Anda berencana untuk memulai bisnis dengan bentuk PT, maka proses pembuatannya harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Langkah-langkah Pembuatan PT di Notaris Bekasi

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat PT di Notaris Bekasi:

1. Pilih Jenis PT

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih jenis PT yang akan didirikan. Pilihlah jenis PT yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, apakah itu PT biasa atau PT dengan modal ditempatkan atau PT terbuka.

2. Siapkan Persyaratan

Setelah memilih jenis PT, Anda harus menyiapkan persyaratan yang diperlukan. Persyaratan ini berbeda-beda tergantung pada jenis PT yang akan didirikan, tetapi umumnya meliputi:

  • NPWP
  • SIUP
  • TDP
  • KTP dan KK
  • Surat Keterangan Domisili Usaha
  • Surat Kuasa
  • Modal awal
  Panduan Lengkap Pengurusan Pembuatan PT 2024

3. Buat Akta Pendirian PT

Setelah persyaratan terpenuhi, langkah selanjutnya adalah membuat akta pendirian PT. Ini merupakan dokumen yang sangat penting karena di dalamnya terdapat informasi tentang identitas para pendiri, tujuan bisnis, modal awal, dan struktur manajemen PT.

4. Urus Pengesahan Akta

Setelah akta pendirian PT dibuat, Anda harus mengurus pengesahan akta tersebut di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Proses pengesahan akan membutuhkan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada kompleksitas bisnis Anda.

5. Daftarkan PT ke Sistem Administrasi Badan Hukum

Setelah pengesahan akta selesai, Anda harus mendaftarkan PT ke Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) yang dikelola oleh Kemenkumham. SABH ini berfungsi untuk mengurus segala administrasi dan perizinan PT Anda.

Kesimpulan

Pembuatan PT di Notaris Bekasi memang memerlukan beberapa tahapan, tetapi jika dilakukan dengan benar dan sesuai aturan, maka Anda akan mendapatkan perlindungan hukum yang lebih baik dan mempermudah pengumpulan modal usaha. Pastikan untuk memilih notaris yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam pembuatan PT. Selamat mencoba!

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.