Contoh Nomor Akta Pendirian Perusahaan

Contoh Nomor Akta Pendirian Perusahaan

Apabila Anda berkeinginan untuk memulai bisnis, salah satu dokumen yang penting untuk disiapkan adalah akta pendirian perusahaan. Akta pendirian tersebut akan menjadi bukti hukum bahwa perusahaan Anda sah berdiri. Setiap akta pendirian memiliki nomor yang berbeda-beda dan penting untuk dicatat sebagai bukti legalitas perusahaan.

1. Nomor Akta Pendirian

Nomor akta pendirian adalah nomor unik yang diberikan oleh notaris pada saat pembuatan akta pendirian. Nomor tersebut mencatat tanggal dan tahun dibuatnya akta pendirian serta nomor urut yang diberikan oleh notaris. Nomor akta pendirian ini dapat digunakan sebagai referensi ketika Anda perlu mengajukan dokumen hukum di kemudian hari.

2. Contoh Nomor Akta Pendirian

Contoh nomor akta pendirian biasanya terdiri dari tiga komponen, yaitu nomor urut, tahun, dan bulan. Sebagai contoh, nomor akta pendirian untuk perusahaan PT ABC Indonesia yang didirikan pada bulan Januari 2021 dengan nomor urut 1234 akan menjadi 1234/XI/2021. Dalam contoh ini, “XI” adalah kode bulan untuk November, karena notaris biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan proses pembuatan akta pendirian setelah perusahaan didirikan.

3. Pentingnya Akta Pendirian

Akta pendirian sangat penting untuk bisnis Anda karena menjadi bukti legalitas dan keabsahan perusahaan. Dalam akta pendirian tersebut mencantumkan informasi penting seperti nama perusahaan, alamat, jenis usaha, dan pemegang saham. Serta juga menyatakan bahwa perusahaan Anda telah terdaftar secara sah di negara Indonesia.

  Akta Pendirian PT Pdf 2023 - Panduan Lengkap untuk Calon Pendiri PT

4. Keuntungan Memiliki Akta Pendirian

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan memiliki akta pendirian, di antaranya:

  • Memudahkan proses pengajuan dokumen hukum
  • Menjaga kepercayaan dari pihak-pihak yang berhubungan dengan bisnis Anda
  • Memudahkan proses akuisisi atau merger di masa depan
  • Menambah nilai dan kredibilitas perusahaan Anda

5. Kesimpulan

Memiliki akta pendirian perusahaan sangat penting untuk bisnis Anda. Nomor akta pendirian mencatat legalitas dan keabsahan perusahaan Anda. Pastikan Anda memiliki akta pendirian perusahaan yang sah dan terdaftar secara legal.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.