Contoh Akta PT Pma

Contoh Akta PT Pma

Sebagai pengusaha, membangun perusahaan adalah suatu hal yang sangat diinginkan. Namun, untuk membangun sebuah perusahaan, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan hukum. Salah satunya adalah dengan membuat akta pendirian perusahaan. Akta pendirian perusahaan adalah dokumen yang sangat penting dan harus dibuat dengan sangat hati-hati. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang contoh akta PT Pma yang bisa menjadi acuan bagi para pengusaha yang ingin membangun perusahaan.

Apa Itu PT Pma?

PT Pma adalah singkatan dari Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing. PT Pma adalah jenis perusahaan yang diinvestasikan oleh investor asing dan diatur oleh Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal. PT Pma memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti memiliki minimal 2 orang pendiri, memiliki dewan direksi, dan kepemilikan saham oleh investor asing harus minimal 10%.

Contoh Akta PT Pma

Setelah Anda memenuhi persyaratan untuk mendirikan PT Pma, selanjutnya adalah membuat akta pendirian perusahaan. Akta pendirian perusahaan harus dibuat dan ditandatangani oleh para pendiri perusahaan. Berikut adalah contoh akta pendirian PT Pma:

AKTA PENDIRIAN PERSEROAN TERBATAS PENANAMAN MODAL ASING (PT PMA)

Pada hari ini, tanggal [tanggal], kami yang bertanda tangan di bawah ini:

  1. [Nama pendiri 1], lahir di [tempat dan tanggal lahir], Warga Negara Indonesia, Alamat: [alamat pendiri 1], yang tindakannya diwakili oleh [nama orang yang mewakili] berdasarkan Surat Kuasa Khusus;
  2. [Nama pendiri 2], lahir di [tempat dan tanggal lahir], Warga Negara [negara asal], Alamat: [alamat pendiri 2], yang tindakannya diwakili oleh [nama orang yang mewakili] berdasarkan Surat Kuasa Khusus;
  Prosedur Pendirian PT PMA 2023

telah sepakat untuk mendirikan Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing (PT PMA) yang berkedudukan di [alamat PT PMA] dan memiliki kegiatan usaha [jenis usaha] dengan modal dasar [jumlah modal dasar] (Dalam Rupiah) yang terbagi atas [jumlah saham] (Dalam Saham) dengan nilai nominal Rp [nilai nominal] (Dalam Rupiah) per saham.

Para pendiri perseroan menyatakan bahwa uang yang disetor dalam bentuk saham oleh para pemegang saham penuh dan lengkap, dan uang tersebut akan dipergunakan untuk kepentingan perseroan.

Kesimpulan

Itulah contoh akta pendirian PT Pma. Akta pendirian perusahaan merupakan dokumen yang sangat penting dan harus dibuat dengan sangat hati-hati. Dalam membuat akta pendirian perusahaan, pastikan Anda memenuhi semua persyaratan hukum yang berlaku. Dengan memiliki akta pendirian perusahaan yang baik, bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari masalah hukum di masa depan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.