Contoh Akta Perusahaan

Pendahuluan

Akta perusahaan adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap jenis perusahaan di Indonesia. Dokumen ini berisi tentang informasi dasar perusahaan, seperti nama perusahaan, alamat, jenis usaha, dan lain-lain. Dengan adanya akta perusahaan, perusahaan memiliki status hukum yang jelas dan terdaftar secara resmi di instansi pemerintah terkait.

Isi Akta Perusahaan

Akta perusahaan harus diisi dengan sejumlah informasi penting yang berkaitan dengan perusahaan. Beberapa informasi yang harus tercantum dalam akta perusahaan antara lain:

1. Nama perusahaan

Nama perusahaan merupakan identitas utama perusahaan. Nama perusahaan harus unik dan tidak sama dengan perusahaan lain yang sudah terdaftar di instansi pemerintah terkait.

2. Alamat perusahaan

Alamat perusahaan harus jelas dan mudah diakses. Alamat ini akan menjadi alamat resmi perusahaan yang digunakan untuk keperluan administrasi dan komunikasi bisnis.

3. Jenis usaha

Jenis usaha perusahaan harus tercantum dalam akta perusahaan. Jenis usaha ini akan menentukan izin dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh perusahaan.

4. Tujuan perusahaan

Tujuan perusahaan harus dijelaskan secara jelas dalam akta perusahaan. Tujuan ini akan menjadi acuan untuk menentukan kegiatan dan strategi bisnis perusahaan.

5. Modal dasar

Modal dasar perusahaan harus tercantum dalam akta perusahaan. Modal ini akan menentukan nilai saham dan kepemilikan perusahaan.

6. Pengurus perusahaan

Pengurus perusahaan harus dijelaskan dalam akta perusahaan. Pengurus ini akan menjadi pemimpin perusahaan dan bertanggung jawab atas pengelolaan bisnis perusahaan.

  Biaya Akta Perubahan PT Bogor

Contoh Akta Perusahaan

Berikut adalah contoh akta perusahaan yang bisa menjadi acuan untuk membuat akta perusahaan:

Akta Perseroan Terbatas (PT)

Nomor : 001/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Ahmad RifaiTempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 1 Januari 1990Alamat: Jl. Jend. Sudirman No. 1, JakartaKewarganegaraan: IndonesiaAgama: IslamPekerjaan: Direktur UtamaNama: Budi SantosoTempat, Tanggal Lahir: Bandung, 10 Februari 1995Alamat: Jl. Kebon Kacang 1 No. 12, JakartaKewarganegaraan: IndonesiaAgama: IslamPekerjaan: Direktur Keuangan

Telah sepakat untuk mendirikan suatu Perseroan Terbatas (PT), maka dibuatlah akta pendirian Perseroan Terbatas (PT) dengan anggaran dasar sebagai berikut:

Anggaran Dasar

Pasal 1

Nama Perseroan Terbatas (PT) ini adalah PT Abadi Jaya.

Pasal 2

Alamat Perseroan Terbatas (PT) berkedudukan di Jakarta Selatan.

Pasal 3

Jenis usaha Perseroan Terbatas (PT) adalah bidang perdagangan umum.

Pasal 4

Tujuan Perseroan Terbatas (PT) adalah untuk melakukan usaha perdagangan umum di seluruh wilayah Indonesia.

Pasal 5

Modal dasar Perseroan Terbatas (PT) adalah Rp. 1.000.000.000 (satu miliar rupiah), yang terdiri dari 10.000 lembar saham dengan nilai nominal masing-masing Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah).

Pasal 6

Pengurus Perseroan Terbatas (PT) terdiri dari :

a. Direktur Utama : Ahmad Rifai

b. Direktur Keuangan : Budi Santoso

Kesimpulan

Akta perusahaan merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap jenis perusahaan di Indonesia. Dokumen ini berisi tentang informasi dasar perusahaan, seperti nama perusahaan, alamat, jenis usaha, dan lain-lain. Dengan adanya akta perusahaan, perusahaan memiliki status hukum yang jelas dan terdaftar secara resmi di instansi pemerintah terkait. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus membuat akta perusahaan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

  Cara Mendirikan PT Hukumonline Jakarta
Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.