Contoh Akta Perubahan Pengurus Koperasi

Pendahuluan

Dalam menjalankan suatu koperasi, pengurus merupakan elemen yang sangat penting. Pengurus memiliki peran strategis dalam mengelola usaha koperasi. Namun, dalam beberapa situasi, perubahan pengurus dapat menjadi kebutuhan. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai contoh akta perubahan pengurus koperasi.

Prosedur Perubahan Pengurus Koperasi

Prosedur perubahan pengurus koperasi diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, Pasal 27 ayat 1. Prosedur tersebut dapat dilakukan dengan cara pemilihan pengurus baru dalam rapat anggota, pengangkatan pengurus baru oleh rapat anggota, atau penggantian pengurus yang diberhentikan oleh rapat anggota.

Contoh Akta Perubahan Pengurus Koperasi melalui Pemilihan Pengurus Baru dalam Rapat Anggota

Perubahan pengurus koperasi melalui pemilihan pengurus baru dalam rapat anggota dilakukan apabila masa kerja pengurus telah habis atau pengurus mengundurkan diri secara sukarela. Berikut adalah contoh akta perubahan pengurus koperasi melalui pemilihan pengurus baru dalam rapat anggota:

“Pada hari Sabtu, tanggal 20 Januari 2021, bertempat di aula koperasi XYZ, telah dilakukan rapat anggota koperasi XYZ. Rapat ini dihadiri oleh para anggota koperasi XYZ. Salah satu agenda rapat adalah pemilihan pengurus baru koperasi XYZ. Setelah dilakukan pemilihan, diumumkan bahwa pengurus baru terpilih untuk masa jabatan 2021-2024 adalah:

1. Ketua: Bapak Ahmad

2. Wakil Ketua: Bapak Budi

3. Sekretaris: Ibu Cita

4. Bendahara: Ibu Dewi

  Syarat Perpanjangan Akta Perusahaan

Setelah pemilihan pengurus baru dilakukan, maka ditetapkanlah susunan pengurus koperasi XYZ yang baru sesuai dengan hasil pemilihan di atas.”

Contoh Akta Perubahan Pengurus Koperasi melalui Pengangkatan Pengurus Baru oleh Rapat Anggota

Perubahan pengurus koperasi melalui pengangkatan pengurus baru oleh rapat anggota dilakukan apabila pengurus mengalami halangan yang menyebabkan tidak dapat melaksanakan tugasnya, atau pengurus meninggal dunia. Berikut adalah contoh akta perubahan pengurus koperasi melalui pengangkatan pengurus baru oleh rapat anggota:

“Pada hari Sabtu, tanggal 20 Januari 2021, bertempat di aula koperasi XYZ, telah dilakukan rapat anggota koperasi XYZ. Rapat ini dihadiri oleh para anggota koperasi XYZ. Salah satu agenda rapat adalah pengangkatan pengurus baru koperasi XYZ. Hal ini dikarenakan bahwa pengurus koperasi XYZ, yaitu Bapak Zainal, meninggal dunia pada tanggal 15 Januari 2021.

Setelah dilakukan pengangkatan pengurus baru, diumumkan bahwa pengurus baru terpilih adalah:

1. Ketua: Ibu Sari

2. Wakil Ketua: Bapak Doni

3. Sekretaris: Ibu Rina

4. Bendahara: Bapak Fajar

Setelah pengangkatan pengurus baru dilakukan, maka ditetapkanlah susunan pengurus koperasi XYZ yang baru sesuai dengan hasil pemilihan di atas.”

Contoh Akta Perubahan Pengurus Koperasi melalui Penggantian Pengurus yang Diberhentikan oleh Rapat Anggota

Perubahan pengurus koperasi melalui penggantian pengurus yang diberhentikan oleh rapat anggota dilakukan apabila pengurus melakukan pelanggaran terhadap anggaran dasar dan/atau anggaran rumah tangga koperasi, atau melakukan tindakan yang merugikan koperasi. Berikut adalah contoh akta perubahan pengurus koperasi melalui penggantian pengurus yang diberhentikan oleh rapat anggota:

  Akta CV PDF Bogor: Pentingnya Mempunyai Legalitas Bisnis yang Jelas

“Pada hari Sabtu, tanggal 20 Januari 2021, bertempat di aula koperasi XYZ, telah dilakukan rapat anggota koperasi XYZ. Rapat ini dihadiri oleh para anggota koperasi XYZ. Salah satu agenda rapat adalah penggantian pengurus koperasi XYZ. Hal ini dikarenakan pengurus koperasi XYZ, yaitu Bapak Andi, melakukan tindakan yang merugikan koperasi.

Setelah dilakukan pembahasan dan pemungutan suara, diumumkan bahwa pengurus koperasi XYZ yang baru terpilih adalah:

1. Ketua: Bapak Ahmad

2. Wakil Ketua: Bapak Budi

3. Sekretaris: Ibu Cita

4. Bendahara: Ibu Dewi

Setelah penggantian pengurus koperasi dilakukan, maka ditetapkanlah susunan pengurus koperasi XYZ yang baru sesuai dengan hasil pemilihan di atas.”

Kesimpulan

Perubahan pengurus koperasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu pemilihan pengurus baru dalam rapat anggota, pengangkatan pengurus baru oleh rapat anggota, atau penggantian pengurus yang diberhentikan oleh rapat anggota. Perubahan pengurus koperasi harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Sebagai anggota koperasi, kita harus memahami prosedur perubahan pengurus koperasi agar koperasi dapat berjalan dengan baik dan produktif.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.