Contoh Akta Perubahan Modal CV

Contoh Akta Perubahan Modal CV

Apabila Anda memiliki sebuah perusahaan atau bisnis, tidak jarang terdapat kebutuhan untuk melakukan perubahan modal. Perubahan modal merupakan suatu tindakan untuk menambah atau mengurangi jumlah modal yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau bisnis sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memiliki sebuah CV atau Commanditaire Vennootschap, maka Anda bisa menggunakan akta perubahan modal CV untuk melakukan perubahan modal tersebut.

Definisi Akta Perubahan Modal CV

Akta perubahan modal CV adalah dokumen resmi yang berisi tindakan penambahan atau pengurangan modal dalam CV. Dokumen ini harus dibuat dan disahkan oleh notaris untuk memastikan keabsahan dan keberlakuannya.

Dalam akta perubahan modal CV, terdapat beberapa hal yang harus dicantumkan, seperti nama dan alamat lengkap para pemilik CV, jumlah modal awal, jumlah modal yang ditambahkan atau dikurangi, serta penjelasan mengenai cara penambahan atau pengurangan modal tersebut dilakukan.

Contoh Akta Perubahan Modal CV

Berikut ini adalah contoh akta perubahan modal CV:

AKTA PERUBAHAN MODAL

Nomor: 001

Pada hari ini, tanggal 1 Januari 2022, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

1. Nama: John Doe; Alamat: Jl. Sudirman No. 1, Jakarta; Kewarganegaraan: Indonesia; Jabatan: Komanditer; Bagian Modal: Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah)

2. Nama: Jane Doe; Alamat: Jl. Sudirman No. 1, Jakarta; Kewarganegaraan: Indonesia; Jabatan: Komanditer; Bagian Modal: Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah)

  Syarat Mendirikan CV atau PT di Bogor

Maka dengan ini kami menyatakan bahwa:

Pertama: Bahwa pada tanggal 1 Januari 2022, kami telah mengadakan rapat umum pemegang saham di mana telah dibahas mengenai rencana penambahan modal CV.

Kedua: Bahwa setelah melakukan pembahasan, maka kami sepakat untuk menambah modal CV sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

Ketiga: Bahwa penambahan modal tersebut dilakukan dengan cara menyetor uang tunai sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) ke rekening CV.

Keempat: Bahwa dengan adanya penambahan modal tersebut, maka modal CV menjadi sebesar Rp. 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah).

Demikianlah akta perubahan modal ini dibuat dan ditandatangani dengan sadar tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Jakarta, 1 Januari 2022

Para Pihak,

John Doe

Jane Doe

Catatan: Akta perubahan modal ini telah disahkan oleh Notaris di Jakarta pada tanggal 2 Januari 2022 dengan nomor 001.

Kesimpulan

Dalam melakukan perubahan modal CV, Anda perlu membuat akta perubahan modal yang telah disahkan oleh notaris. Contoh akta perubahan modal CV di atas bisa menjadi panduan bagi Anda yang sedang membutuhkannya. Pastikan Anda melakukan perubahan modal sesuai dengan aturan yang berlaku dan selalu konsultasikan dengan pihak yang berwenang untuk menghindari kesalahan yang dapat merugikan perusahaan atau bisnis Anda.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.