Contoh Akta Pendirian Yayasan

Pendahuluan

Yayasan adalah badan hukum yang didirikan untuk mewujudkan kegiatan sosial, budaya, atau keagamaan. Pembentukan yayasan diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan. Sebelum mendirikan yayasan, terlebih dahulu dibuat Akta Pendirian Yayasan yang harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan. Pada artikel ini, kami akan memberikan contoh Akta Pendirian Yayasan yang dapat menjadi panduan bagi Anda yang ingin mendirikan yayasan.

Nama dan Tujuan Yayasan

Yayasan yang didirikan memiliki nama “Yayasan XYZ” yang berkedudukan di kota ABC. Tujuan yayasan adalah melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan seperti membantu korban bencana alam, memberikan bantuan pendidikan, serta melakukan kegiatan keagamaan.

Pengurus Yayasan

Pengurus yayasan terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Ketua yayasan adalah Z, Sekretaris adalah Y, dan Bendahara adalah X. Pengurus yayasan bertugas untuk memimpin dan mengelola kegiatan yayasan.

Pembentukan Kepengurusan

Kepengurusan yayasan dibentuk melalui musyawarah yang dihadiri oleh para pendiri yayasan. Para pendiri yayasan menyepakati pembagian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing pengurus yayasan.

Kekuasaan dan Wewenang Pengurus Yayasan

Pengurus yayasan memiliki kekuasaan dan wewenang untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan kegiatan yayasan. Keputusan pengurus yang bersifat penting harus dilakukan dengan musyawarah dan mufakat.

Biaya Pendirian Yayasan

Biaya pendirian yayasan adalah sebesar Rp. 10.000.000,-. Biaya tersebut digunakan untuk keperluan administratif dan operasional yayasan.

  Biaya Pembuatan Akta Pendirian Yayasan Tangerang

Pembagian Hasil Usaha

Yayasan tidak diperbolehkan untuk membagi hasil usaha kepada para pengurus atau anggota yayasan. Segala hasil usaha atau keuntungan yang didapat oleh yayasan harus digunakan untuk kegiatan sosial, budaya, atau keagamaan.

Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan

Perubahan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan dapat dilakukan melalui musyawarah yang dihadiri oleh para pendiri yayasan. Perubahan tersebut harus dilaporkan kepada Kementerian Hukum dan HAM melalui Kantor Wilayah setempat.

Penggunaan Harta Yayasan

Harta yayasan harus digunakan sesuai dengan tujuan yayasan. Penggunaan harta yayasan harus dilakukan dengan hati-hati dan transparan agar tidak menimbulkan kerugian pada yayasan.

Penutup

Demikian contoh Akta Pendirian Yayasan yang dapat menjadi panduan bagi Anda yang ingin mendirikan yayasan. Penting untuk memperhatikan persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan agar Akta Pendirian Yayasan yang dibuat sah secara hukum. Dengan mendirikan yayasan, Anda dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.