Contoh Akta Pendirian PT Terbaru Tangerang

Contoh Akta Pendirian PT Terbaru Tangerang

PT atau Perseroan Terbatas merupakan jenis badan usaha yang banyak dipilih oleh para pengusaha di Indonesia. PT memiliki kelebihan yaitu memiliki kepastian hukum dan terbatasnya tanggung jawab pemiliknya.

Untuk mendirikan PT, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah dengan membuat akta pendirian PT. Akta pendirian PT adalah perjanjian tertulis yang meliputi kesepakatan antara para pendiri PT dan peraturan-peraturan yang mengatur mengenai PT tersebut.

Jika Anda berencana mendirikan PT di Tangerang, Anda harus mengetahui contoh akta pendirian PT terbaru yang sesuai dengan peraturan yang berlaku di Tangerang. Berikut adalah contoh akta pendirian PT terbaru Tangerang:

Persetujuan Pendirian PT

Para pendiri PT harus sepakat untuk mendirikan PT dan membuat akta pendirian PT. Para pendiri juga harus menentukan nama PT, tempat kedudukan PT, maksud dan tujuan PT, masa berakhirnya PT jika ada, dan jumlah modal dasar PT.

Para pendiri PT juga harus menunjuk seseorang atau beberapa orang sebagai direksi dan komisaris PT, serta menetapkan gaji dan tunjangan yang akan diterima oleh direksi dan komisaris PT.

Anggaran Dasar PT

Anggaran dasar PT berisi tentang peraturan-peraturan yang mengatur mengenai PT. Anggaran dasar PT harus mencantumkan nama PT, maksud dan tujuan PT, tempat kedudukan PT, batas waktu berdirinya PT, jumlah modal dasar, nilai nominal saham, jumlah saham, besarnya modal yang disetor oleh para pemegang saham, dan jumlah saham yang dimiliki oleh masing-masing pemegang saham.

  Akta Perusahaan CV Depok: Panduan Lengkap

Anggaran dasar PT juga harus mencantumkan tentang pengurusan PT, yaitu direksi dan komisaris PT. Anggaran dasar PT harus menjelaskan tentang syarat-syarat untuk menjadi direksi dan komisaris PT, tugas dan wewenang direksi dan komisaris PT, serta cara pengangkatan dan pemberhentian direksi dan komisaris PT.

Pengesahan Akta Pendirian PT

Setelah para pendiri PT membuat akta pendirian PT, akta pendirian PT harus disahkan oleh notaris. Setelah disahkan oleh notaris, akta pendirian PT harus diajukan ke Kementerian Hukum dan HAM untuk mendapatkan pengesahan.

Setelah mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM, PT sudah resmi berdiri dan memiliki badan hukum. Para pendiri PT harus membayar biaya pengesahan kepada Kementerian Hukum dan HAM.

Itulah contoh akta pendirian PT terbaru Tangerang yang dapat Anda pelajari. Jika Anda ingin mendirikan PT di Tangerang, pastikan Anda mematuhi peraturan yang berlaku dan membuat akta pendirian PT yang benar.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.