Contoh Akta Pendirian Firma Hukum Pdf Bekasi

Contoh Akta Pendirian Firma Hukum Pdf Bekasi

Apakah Anda sedang mencari contoh akta pendirian firma hukum dalam format pdf di Bekasi? Jika iya, artikel ini akan memberikan informasi yang Anda butuhkan. Pendirian firma hukum memerlukan dokumen-dokumen penting, salah satunya adalah akta pendirian. Akta pendirian ini adalah dokumen yang dihasilkan dari proses pendirian firma hukum dan memuat informasi tentang identitas para pendiri, tujuan firma hukum, jenis usaha, modal, dan lain-lain.

Proses Pendirian Firma Hukum di Bekasi

Proses pendirian firma hukum di Bekasi cukup rumit dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Berikut adalah beberapa tahapan dalam proses pendirian firma hukum di Bekasi:

  • Persiapan dokumen-dokumen pendirian firma hukum
  • Pendaftaran nama firma hukum
  • Pembuatan akta pendirian oleh notaris
  • Pendaftaran akta pendirian ke Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH)
  • Pendaftaran firma hukum ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP)
  • Pendaftaran firma hukum ke instansi terkait (jika diperlukan)

Pada tahap pembuatan akta pendirian, biasanya para pendiri akan meminta notaris untuk membuatkan akta pendirian. Notaris akan mengumpulkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti identitas para pendiri, surat pernyataan domisili, dan surat pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Setelah itu, notaris akan membuat akta pendirian dan meminta para pendiri untuk menandatanganinya.

Ketentuan Persyaratan Pendirian Firma Hukum di Bekasi

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mendirikan firma hukum di Bekasi. Berikut adalah beberapa persyaratan tersebut:

  • Minimal terdapat 2 pendiri dengan identitas yang jelas
  • Modal minimal sebesar Rp50.000.000,-
  • Memenuhi persyaratan legalitas, seperti surat izin usaha perdagangan (SIUP), tanda daftar perusahaan (TDP), dan lain-lain
  • Mempunyai kantor yang jelas dan sesuai dengan peraturan yang berlaku
  • Pendaftaran akta pendirian dan firma hukum ke SABH
  Contoh Akta Pendirian Perusahaan Pdf Bogor

Pada tahap pendaftaran nama firma hukum, para pendiri harus memilih nama yang unik dan belum digunakan oleh firma hukum lain. Nama yang dipilih akan didaftarkan ke Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) dan harus disetujui sebelum dapat digunakan.

Contoh Akta Pendirian Firma Hukum Pdf Bekasi yang Dapat Diunduh

Setelah akta pendirian selesai dibuat oleh notaris, biasanya para pendiri akan mendapatkan salinan akta tersebut dalam bentuk pdf. Salinan akta pendirian ini sangat penting dan harus disimpan dengan baik oleh para pendiri dan pengurus firma hukum.

Untuk mendapatkan contoh akta pendirian firma hukum dalam format pdf di Bekasi, Anda dapat mengakses situs resmi SABH atau Ditjen AHU. Di sana, Anda akan menemukan berbagai jenis dokumen yang berkaitan dengan pendirian firma hukum, termasuk akta pendirian. Anda dapat mengunduh contoh akta pendirian tersebut dan menggunakannya sebagai referensi untuk membuat akta pendirian firma hukum.

Kesimpulan

Pendirian firma hukum memerlukan proses yang rumit dan memerlukan persiapan dokumen-dokumen penting, salah satunya adalah akta pendirian. Proses pendirian firma hukum di Bekasi memerlukan waktu yang tidak sebentar dan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Jika Anda sedang mencari contoh akta pendirian firma hukum dalam format pdf di Bekasi, Anda dapat mengakses situs resmi SABH atau Ditjen AHU. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan pendirian firma hukum di Bekasi.

  Syarat-Syarat Pendirian Usaha di Bekasi

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.