Contoh Akta Pendirian Firma Hukum Lengkap Bekasi

Pendahuluan

Setiap perusahaan, termasuk firma hukum, harus memiliki akta pendirian yang sah dan lengkap sebagai dasar hukum operasionalnya. Pada artikel ini, kami akan memberikan contoh akta pendirian firma hukum lengkap di Bekasi.

Informasi Umum

Firma hukum yang akan didirikan memiliki nama PT. Hukumku Sejahtera dan berkedudukan di Bekasi. Akta pendirian dibuat pada tanggal 1 Januari 2022 dan ditandatangani oleh pendiri yang sah.

Pembukaan

Akta pendirian diawali dengan pembukaan yang berisi tentang tujuan dibentuknya firma. Dalam hal ini, PT. Hukumku Sejahtera didirikan untuk memberikan jasa hukum kepada masyarakat.

Pendiri

Selanjutnya, akta pendirian mencantumkan nama dan alamat lengkap para pendiri PT. Hukumku Sejahtera. Dalam contoh akta ini, terdapat tiga pendiri yaitu John Doe, Jane Doe, dan Mark Smith.

Modal

Modal yang disetor oleh para pendiri PT. Hukumku Sejahtera sebesar Rp 1.000.000.000,- (satu miliar rupiah) yang terdiri dari uang tunai dan aset lainnya yang dinilai oleh para pendiri.

Saham

Setelah itu, akta pendirian mencantumkan pembagian saham yang dimiliki oleh para pendiri. Dalam contoh ini, dilakukan pembagian saham sebesar 40% untuk John Doe, 40% untuk Jane Doe, dan 20% untuk Mark Smith.

  Biaya Pembuatan Akta Perubahan Perusahaan Tangerang

Struktur Organisasi

Selanjutnya, akta pendirian mencantumkan struktur organisasi PT. Hukumku Sejahtera yang terdiri dari direksi dan dewan komisaris. Para direksi dan dewan komisaris pun dijabat oleh para pendiri PT. Hukumku Sejahtera.

Direksi

Direksi PT. Hukumku Sejahtera terdiri dari satu orang direktur yang dijabat oleh John Doe, sebagai salah satu pendiri. Direktur bertanggung jawab atas pengelolaan sehari-hari perusahaan.

Dewan Komisaris

Dewan komisaris PT. Hukumku Sejahtera terdiri dari dua orang komisaris yang dijabat oleh Jane Doe dan Mark Smith, sebagai dua pendiri lainnya. Dewan komisaris bertanggung jawab atas pengawasan pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Kegiatan Usaha

Selanjutnya, akta pendirian PT. Hukumku Sejahtera mencantumkan kegiatan usaha yang akan dilakukan oleh perusahaan. Dalam hal ini, PT. Hukumku Sejahtera akan memberikan jasa hukum dan konsultasi hukum kepada masyarakat.

Wilayah Operasional

Wilayah operasional PT. Hukumku Sejahtera mencakup seluruh wilayah Republik Indonesia, sehingga perusahaan dapat memberikan jasanya kepada masyarakat di seluruh Indonesia.

Perizinan

Untuk dapat beroperasi secara sah, PT. Hukumku Sejahtera harus memenuhi persyaratan perizinan dari pihak berwenang. Dalam contoh ini, perusahaan telah memperoleh izin usaha dari Kementerian Hukum dan HAM.

Waktu Berlaku

Waktu berlaku akta pendirian PT. Hukumku Sejahtera adalah selama perusahaan masih melakukan kegiatan usahanya, kecuali jika ada perubahan dalam struktur organisasi atau kebijakan perusahaan.

Kesimpulan

Itulah contoh akta pendirian firma hukum lengkap Bekasi yang harus dimiliki oleh perusahaan. Dalam akta pendirian, terdapat informasi tentang pendiri, modal, saham, struktur organisasi, kegiatan usaha, wilayah operasional, perizinan, dan waktu berlaku. Dengan memiliki akta pendirian yang sah dan lengkap, perusahaan dapat beroperasi secara sah dan terhindar dari masalah hukum di masa depan.

  Contoh Akta Pendirian Perusahaan Perseorangan Bekasi
Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.