Contoh Akta Pendirian CV Terbaru Bogor

Pendahuluan

Pendirian CV (Commanditaire Vennootschap) merupakan salah satu bentuk badan usaha di Indonesia yang sering digunakan oleh para pebisnis. CV dapat didirikan oleh minimal dua orang, yakni sekutu aktif dan sekutu pasif. Namun, sebelum mendirikan sebuah CV, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Artikel kali ini akan membahas contoh akta pendirian CV terbaru di Bogor.

Persyaratan Pendirian CV di Bogor

Sebelum mendirikan CV, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon pengusaha. Persyaratan tersebut antara lain meliputi:1. Memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak);2. Memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku;3. Mendaftarkan nama CV ke Notaris dan memiliki Nama Perseroan Terbatas yang tidak sama dengan CV lain;4. Menyerahkan surat keterangan domisili dari pihak pengelola gedung atau dari kecamatan;5. Melampirkan surat pernyataan dari sekutu aktif dan pasif yang menyatakan bahwa tidak pernah dinyatakan pailit atau bangkrut oleh pengadilan.

Akta Pendirian CV Terbaru Bogor

Setelah persyaratan di atas terpenuhi, selanjutnya adalah membuat akta pendirian CV. Berikut ini adalah contoh akta pendirian CV terbaru di Bogor yang dapat dijadikan referensi:

Pada hari ini, tanggal [tanggal], kami yang bertanda tangan di bawah ini:

1. [Nama Lengkap Sekutu Aktif], lahir di [Tempat Lahir] pada tanggal [Tanggal Lahir], berdomisili di [Alamat Sekutu Aktif], dan memiliki KTP Nomor [Nomor KTP Sekutu Aktif];

  Akta Pendirian Perusahaan PT Jakarta: Prosedur Mendirikan Perusahaan di Indonesia

2. [Nama Lengkap Sekutu Pasif], lahir di [Tempat Lahir] pada tanggal [Tanggal Lahir], berdomisili di [Alamat Sekutu Pasif], dan memiliki KTP Nomor [Nomor KTP Sekutu Pasif];

Dalam hal ini, kami sepakat untuk mendirikan Commanditaire Vennootschap (CV) yang akan diatur berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, dengan nama [Nama CV] dan berkedudukan di [Alamat CV].

Berdasarkan kesepakatan tersebut, kami sepakat untuk membuat akta pendirian CV dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Modal CV adalah sebesar [Jumlah Modal] (dalam bentuk uang tunai) yang berasal dari [Sumber Modal]. Modal tersebut ditanamkan oleh sekutu aktif dan pasif sebesar [Jumlah Modal Sekutu Aktif] dan [Jumlah Modal Sekutu Pasif], dengan perincian sebagai berikut:

– Sekutu Aktif menanamkan modal sebesar [Jumlah Modal Sekutu Aktif] (dalam bentuk uang tunai).

– Sekutu Pasif menanamkan modal sebesar [Jumlah Modal Sekutu Pasif] (dalam bentuk uang tunai).

2. Pembagian keuntungan dan kerugian CV adalah 50:50 antara sekutu aktif dan pasif.

3. Masa berlaku CV adalah selama yang disepakati oleh kedua belah pihak.

4. Seluruh pengurusan dan pengambilan keputusan di dalam CV dilakukan oleh sekutu aktif.

5. Apabila terdapat pengambilan keputusan di luar kekuasaan sekutu aktif, maka sekutu pasif tidak terlibat dalam keputusan tersebut.

6. Apabila terjadi perubahan modal, maka perubahan tersebut harus disepakati oleh kedua belah pihak.

  Persyaratan CV Dan PT 2023

7. Apabila terjadi kerugian pada CV, maka sekutu pasif hanya menanggung kerugian sesuai dengan jumlah modal yang ditanamkan.

Demikianlah akta pendirian CV yang kami buat dengan sebenarnya, tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Konklusi

Itulah contoh akta pendirian CV terbaru di Bogor yang dapat dijadikan referensi bagi calon pengusaha yang ingin mendirikan CV. Sebelum mendirikan CV, pastikan bahwa semua persyaratan telah terpenuhi dan akta pendirian telah dibuat dengan baik dan benar. Dengan memiliki CV, para pengusaha dapat memperluas bisnis mereka dan membantu perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.