Contoh Akta Notaris PT – Panduan Lengkap

Contoh Akta Notaris PT – Panduan Lengkap

Apa itu Akta Notaris PT?

Akta notaris PT adalah dokumen resmi yang dibuat oleh seorang notaris untuk mendirikan sebuah perusahaan terbatas (PT). Dokumen ini berisi informasi penting tentang perusahaan, seperti nama perusahaan, tujuan perusahaan, dan susunan pengurus. Akta notaris PT harus dibuat sebelum perusahaan bisa terdaftar dan beroperasi secara legal.

Bagaimana Cara Membuat Akta Notaris PT?

Untuk membuat akta notaris PT, Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Mengumpulkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan NPWP pengurus perusahaan.
  2. Menghubungi notaris untuk membuat akta notaris PT. Anda bisa mencari notaris terdekat di kantor notaris atau melalui internet.
  3. Membayar biaya notaris sesuai dengan tarif yang berlaku.
  4. Menentukan nama perusahaan dan mengecek ketersediaan nama tersebut di situs Sistem Administrasi Badan Hukum.
  5. Membuat akta notaris PT dengan mengisi informasi yang diminta di dalamnya, seperti nama perusahaan, tujuan perusahaan, dan susunan pengurus.
  6. Menandatangani akta notaris PT bersama dengan notaris. Setelah ditandatangani, akta notaris PT harus didaftarkan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Contoh Akta Notaris PT

Berikut adalah contoh akta notaris PT yang bisa Anda gunakan sebagai referensi:

AKTA PENDIRIAN PERSEROAN TERBATASPada hari ini, tanggal [tanggal] bulan [bulan] tahun [tahun], kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Isi akta notaris PT terus berlanjut dengan informasi tentang nama perusahaan, tujuan perusahaan, dan susunan pengurus. Setiap bagian harus diisi sesuai dengan informasi yang benar dan akurat.

  Biaya Pembuatan Akta Perusahaan CV 2023

Kesimpulan

Membuat akta notaris PT tidaklah sulit, asalkan Anda mengikuti langkah-langkah yang benar dan tepat. Dengan memahami contoh akta notaris PT, Anda bisa lebih mudah dalam membuat dokumen ini untuk perusahaan Anda sendiri. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku dan mengikuti prosedur yang benar.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.