Cara Pendirian CV Perusahaan 2023

Cara Pendirian CV Perusahaan 2023

Perusahaan adalah suatu entitas dengan tujuan mencari keuntungan melalui kegiatan produksi dan penjualan barang atau jasa. Salah satu bentuk perusahaan yang populer di Indonesia adalah CV (Commanditaire Vennootschap). Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang cara pendirian CV perusahaan di Indonesia tahun 2023.

Persyaratan Pendirian CV Perusahaan

Persyaratan pendirian CV perusahaan di Indonesia terdiri dari beberapa hal, di antaranya:

1. Minimal dua orang sebagai pendiri CV, dimana satu orang bertindak sebagai komplementer dan yang lainnya sebagai komanditer.

2. Nama CV harus unik dan belum digunakan perusahaan lain. Untuk memeriksa ketersediaan nama CV, dapat dilakukan melalui situs resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

3. Modal awal minimal sebesar Rp 10 juta. Modal tersebut dapat berasal dari pendiri CV atau pihak lain yang memberikan pinjaman modal.

4. CV perusahaan harus memiliki alamat kantor yang terdaftar di Kantor Pusat Pelayanan Terpadu (KPPT).

5. CV perusahaan harus memiliki izin usaha sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.

Proses Pendirian CV Perusahaan

Proses pendirian CV perusahaan di Indonesia terdiri dari beberapa tahapan, di antaranya:

  Biaya Notaris Pendirian CV Bogor

1. Pengajuan permohonan pendirian CV ke notaris. Notaris akan melakukan pengecekan persyaratan pendirian CV dan membuat akta pendirian.

2. Pembuatan izin usaha. CV perusahaan harus memiliki izin usaha sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan. Izin usaha tersebut dapat dilakukan melalui situs online OSS (Online Single Submission).

3. Pengesahan akta pendirian CV oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Setelah akta pendirian CV dibuat oleh notaris, akta tersebut harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Pembuatan Akta Notaris CV Perusahaan

Setelah persyaratan dan proses pendirian CV perusahaan telah dilakukan, selanjutnya adalah membuat akta notaris. Akta notaris ini berfungsi untuk memberikan kepastian hukum mengenai pendirian CV perusahaan. Beberapa hal yang harus dicantumkan dalam akta notaris CV perusahaan di Indonesia adalah:

1. Nama lengkap pendiri CV, beserta alamat dan nomor identitas.

2. Nama CV beserta alamat kantor yang terdaftar di Kantor Pusat Pelayanan Terpadu (KPPT).

3. Modal awal yang diberikan oleh pendiri CV.

4. Pembagian keuntungan dan kerugian CV perusahaan.

5. Jumlah saham yang dimiliki oleh masing-masing pendiri CV perusahaan.

Pengesahan CV Perusahaan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Setelah akta notaris CV perusahaan telah dibuat, selanjutnya adalah mengesahkan akta tersebut di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Beberapa hal yang harus disiapkan untuk mengesahkan akta notaris CV perusahaan di Indonesia adalah:

  Mengurus CV Perusahaan

1. Fotokopi akta notaris CV perusahaan.

2. Fotokopi SK Kemenkumham yang dikeluarkan untuk pengesahan CV perusahaan.

3. Fotokopi identitas pendiri CV perusahaan.

4. Bukti pembayaran PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kesimpulan

Pendirian CV perusahaan di Indonesia tidaklah sulit, namun membutuhkan beberapa persyaratan dan proses. Dalam artikel ini, telah dijelaskan tentang persyaratan pendirian, proses pendirian, hingga pembuatan akta notaris dan pengesahan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dengan mengetahui langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat membantu para pendiri CV perusahaan dalam memulai bisnis mereka.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.