Cara Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan Bekasi

Pendahuluan

Pendirian sebuah perusahaan membutuhkan beberapa persyaratan, salah satunya adalah membuat akta pendirian. Akta pendirian merupakan dokumen penting yang menyatakan legalitas perusahaan. Di Bekasi, proses pembuatan akta pendirian cukup mudah jika semua persyaratan terpenuhi dengan benar dan lengkap. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara pembuatan akta pendirian perusahaan di Bekasi.

Persyaratan Pembuatan Akta Pendirian

Sebelum memulai proses pembuatan akta pendirian, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Pertama, perusahaan harus memiliki nama yang unik dan legal. Kedua, perusahaan harus memiliki alamat kantor yang jelas dan valid di Bekasi. Ketiga, perusahaan harus memiliki minimal satu orang pendiri atau pemilik perusahaan. Keempat, perusahaan harus memiliki modal yang cukup untuk menjalankan bisnis.

Proses Pembuatan Akta Pendirian

Proses pembuatan akta pendirian dimulai dengan melakukan pencarian nama perusahaan di Kementerian Hukum dan HAM. Setelah nama perusahaan disetujui, maka dilanjutkan dengan pembuatan akta pendirian yang ditandatangani oleh seluruh pendiri atau pemilik perusahaan. Selain itu, juga diperlukan surat pernyataan dari notaris bahwa pendiri atau pemilik perusahaan telah menyampaikan informasi yang benar dan lengkap.

Pendaftaran Perusahaan

Setelah akta pendirian selesai dibuat, perusahaan harus didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM. Proses pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir dan melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Setelah proses pendaftaran selesai, perusahaan akan mendapatkan Surat Keputusan Pendirian Perusahaan (SKPP) dari Kementerian Hukum dan HAM.

  Biaya Pembuatan Akta Notaris Pendirian CV 2023

Penerbitan Akta Pendirian

Setelah perusahaan didaftarkan, maka dilanjutkan dengan penerbitan akta pendirian oleh notaris yang telah ditunjuk oleh Kementerian Hukum dan HAM. Akta pendirian harus ditandatangani oleh seluruh pendiri atau pemilik perusahaan dan notaris. Setelah akta pendirian selesai diterbitkan, maka perusahaan resmi terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Kesimpulan

Proses pembuatan akta pendirian perusahaan di Bekasi cukup mudah jika semua persyaratan terpenuhi dengan benar dan lengkap. Namun, proses ini membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya mencari bantuan dari ahli hukum atau notaris yang berpengalaman untuk memudahkan proses pembuatan akta pendirian perusahaan.

Novita Elisabeth Wowor

My Name Novita Elisabeth Wowor, Lulusan Sarjana Hukum yang berkecimpung di dunia kenotariatan sejak 2019.